Harapan TERKINI Terhadap Peran Pemuda Dalam Pembangunan di Daerah

  • Whatsapp

Kupang-infontt.com,- Pada perayaan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 kemarin, bakal calon Bupati Kupang dari paket TERKINI, Drs. Selvester M. Banfatin, M.Si ketika diwawancarai infontt.com mengungkapkan bahwa di era ini pemuda harus menjadi tulang punggung pembangunan dan perubahan serta peningkatan kesejahteraan daerah.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, lanjut dia jika berbicara tentang pembangunan dan peningkatan kesejahteraan daerah, khususnya di Kabupaten Kupang, salah satu faktor utama yang menjadi permasalahan adalah sumber daya manusia (SDM).

“Kita harus memiliki pemuda yang SDMnya terdidik, terampil, disiplin, tekun, giat bekerja dan setia pada cita-cita perjuangan pembangunan daerah, karena hal-hal inilah yang bisa membuat kita bergerak maju dan kita akan berkemban serta mampu bersaing dengan daerah lain,” ungkap Veki.

Menurut Veki, salah satu upaya untuk meningkatkan dan pemerataan pembangunan adalah mencetak kader yang mempunyai komitmen dan memiliki SDM berkualitas. Hal itu diwujudkan melalui berbagai program dan kegiatan disejumlah sektor, yakni pendidikan, olahraga dan kepemudaan.

Sedangkan pasangan Veki Banfatin dalam pilkada 2018 yakni Johanis Silvester Ottemoesoe, S.E dalam kesempatan yang sama juga mengatakan SDM pemuda sebagai bagian dari masyarakat merupakan tulang punggung pembangunan yang diharapkan mampu untuk memimpin serta membangun daerah dengan tujuan untuk lebih menyejahterakan masyarakat di segala bidang sesuai dengan amanat pembangunan nasional.

“Bersama-sama dengan pemerintah daerah, pemuda hendaknya mempunyai konstribusi positif terhadap pembangunan di daerah ini, karena upaya untuk meningkatkan kualitas SDM hendaknya tidak semata-mata hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, juga tetapi masyarakat, termasuk pemuda,” katanya.

Karena itu, lanjut Ottemoesoe, bersama-sama masyarakat dan pemerintah daerah, pemuda dapat turut serta berpartisipasi dalam pembangunan. Seberapa pun besar maupun kecilnya partisipasi itu, sangat diperlukan dan memberi arti tersendiri bagi kesuksesan pembangunan khususnya di Kabupaten Kupang.

“Kita harapkan kader yang berkualitas, andal dan mandiri dapat terus dicetak melalui pendidikan dan pelatihan-pelatihan, baik intern organisasi maupun bekerjasama dengan pihak lain, termasuk pemerintah. Sehingga apa yang dicita-citakan dalam pembangunan, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan bersama-sama,” pungkas Direktur Utama PDAM Tirta Lontar Kabupaten Kupang yang juga menjabat sebagai ketua KNPI Kabupaten Kupang ini. (Chris Bani)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan