Habiskan Anggaran 3,5 Milyar, Pansus LKPj Temukan Puskesmas Siso Dalam Keadaan Rusak Parah

  • Whatsapp
Pansus ketika memeriksa kondisi bangunan di Puskesmas Siso

Mollo Selatan-InfoNTT.com,- Puskesmas Prototype Siso di Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten TTS yang dibagun tahun 2019 dan memakan anggaran 3,5 Milyar diduga dikerjakan asal jadi oleh PT.Kasih Sejati Perkasa.

Kasus ini ditemukan Tim Pansus LKPJ Bupati TTS Tahun 2019 dalam uji petik hari terakhir, Sabtu (11/07/2020) yang dipimpin Ketua DPRD TTS Marcu Mbau, Wakil Ketua DPRD TTS Yusuf Soru, Ketua Pansus Marthen Tualaka, Wakil Ketua Pansus Uksam Selan, Sekertaris Samuel Sanam dan beberapa Anggota Pansus lainnya.

Bacaan Lainnya

Ketua Pansus Marten Tualaka dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa usia Puskesmas Siso belum setahun namun sudah rusak berat. Plafon bagian dalam juga sudah ambruk.

“Pekerjaan ini dibangun tidak sesuai dan konsultan pengawas harus bertanggungjawab kerusakan tersebut. Banyak kerusakan besar seperti Pet, IPAL, Plafon, WC, jaringan air dan jaringan listrik,” ujarnya.

Kondisi plafon di Puskesmas Siso

Marten juga mempertanyakan proyek yang belum dilakukan FHO namun sudah difungsikan. Hal ini bisa membahayakan para tenaga medis.

Kepala Puskesmas Siso, Elsina Napu kepada media mengaku kerusakan bangunan Puskesmas Siso sudah berlangsung sejak Desember 2019. Akibat kerusakan bangunan tersebut, ruangan pelayanan harus dipindahkan ke bangunan puskesmas lama termasuk peralatan medis yang sebelumnya sudah ditempatkan pada gedung puskesmas yang baru.

“Akhir Desember itu tiba-tiba saja pet bagian kiri bangunan ambruk yang diikuti dengan plafon bangunan. Kerusakan pada bangunan puskesmas Prototype ini membuat para tenaga medis was-was. Meski kuatir dengan kerusakan tapi tetap melayani dengan harapan kami tidak terjadi apa-apa asalkan tetap melayani masyarakat,” ungkap Elsina.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan