Gugatan MDT – GTD Ditolak, KONTAK Resmi Memenangkan Pilkada SBD

  • Whatsapp
Calon Bupati terpilih Kabupaten Sumba Barat Daya, Kornelis Kodi Mete dan Marthen Christian Taka

Bacaan Lainnya

Kadula-infontt.com,- Proses Pembuktian tuduhan Paket MDT-GTD (Markus Dairo Talu-Gerson Tanggu Dendo) dalam Pilkada Sumba Barat Daya (SBD) yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu telah berakhir dengan ditolaknya gugatan MDT-GTD kepada KPU oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Tuduhan yang dialamatkan pada Paket KONTAK melakukan kecurangan dianggap tidak memiliki legal standing oleh majelis hakim MK Anwar Usman dan telah melewati ambang batas persentase perolehan suara sesuai pasal 158 UU Pilkada tahun 2015.

Pada sidang putusan, Jumat 10 Agustus 2018, Mahkamah Konstitusi menolak semua permohonan pemohon (MDT-GTD). Dengan demikian pada Senin, 13 Agustus 2018 pagi tadi, maka KPU menetapkan pasangan Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka (KONTAK) sebagai pemenang pemilih dan siap dilantik sesuai jadwal pelantikn dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bupati terpilih, Kornelius Kodi Mete mengatakan bahwa apa yang diputuskan oleh MK dan ditetapkan oleh KPU adalah keputusan yang sifatnya final dan mengikat. Oleh karena itu dirinya berharap agar putusan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Sumba barat daya (SBD) sehingga masyarakat kembali beraktivitas dengan aman dan damai sesuai profesinya masing-masing.

“Kalau dalam proses politik kemarin kita berbeda-beda maka saat ini mari kita bersama membangun SBD menjadi lebih maju ke depan. Perbedaan kemarin tidak boleh lagi menjadi halangan dalam komunikasi dan persaudaraan yang sudah terjalin jauh sebelum pilkada ini. Mari sama-sama kita bangun SBD dengan semangat Tiga Batu Tungku melalui Program 7 Jembatan Emas,” ajak Kodi Mete.

Dengan bersama, katanya, dapat mewujudkan Desa Berair, desa bercahaya, desa pariwisata, desa pintar, desa berkecukupan pangan, desa sehat dan desa aman dan tentram. “Putusan MK sudah ada. Kita harus putuskan juga untuk membangun daerah kita. Kita harus bergandengan tangan sehingga kepercayaan rakyat dan cita-cita bersama ini juga bisa tercapai,” tandasnya.

Sementara wakil Bupati terpilih, Marthen Christian Taka pada kesempatan itu mengucap syukur dan terima kasih atasan pilihan rakyat yang telah memilih mereka dan hari ini resmi ditetapkan setelah melewati proses yang begitu alot dan memacu adrenalin.

“Tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini. Ujian dan perjalanan panjang untuk mempertahankan kemenangan rakyat telah kita lewati di MK dan hari ini ditetapkan oleh KPU bahwa kami adalah Bupati dan Wakil Bupati Pilihan Rakyat. Ini karena karya Tuhan yang menghendaki pilihan rakyat,” tuturnya.(rey)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan