DPRD Siap Mengawal Berbagai Progam yang Diusulkan di Musrenbangcam Amabi Oefeto Timur

  • Whatsapp
Musrenbang Tingkat Kecamatan Amabi Oefeto Timur

Oelamasi-InfoNTT.com,- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Tahun 2020 di Kecamatan Amabi Oefeto Timur sudah selesai digelar, Rabu (26/02/2020) di gedung gereja Bethania Oemofa.

Musrembangcam ini berdasarkan regulasi UU Nomor 25 tahun 2014, yang mana setiap tahun harus ada perencanaan-perencanaan dari bawah ke atas. Demikian disampaikan anggota DPRD Kabupaten, Habel Mbate di sela-sela kegiatan Musrenbangcam Amabi Oefeto Timur.

Habel Mbate mengatakan, Musrenbang sebagai forum, di mana semua komponen bisa terlibat untuk menyampaikan pergumulan pergumulan dari wilayah masing-masing. Lembaga DPRD juga harus peka melihat apa yang diperlukan masyarakat, dan itu yang didorong serta wajib diperjuangkan sehingga ke depan bisa dapat terlaksana untuk kesejahteraan rakyat.

Ditambahkannya, semoga apa yang sudah direncanakan dan dimusyawarakan lewat Musrenbangcam ini, kiranya menjadi perhatian pemerintah kabupaten dan DPRD, sehingga bisa memprorioritas bagi daerah perbatasan ini agar ke depan bisa jadi lebih baik dan terakomodir lebih banyak.

“Masalah yang mesti menjadi perhatian, yakni harus berkonsisten untuk menanam lamtoro teramba secara menyebar dan lebih banyak, juga mendukung program bapak Gubernur terkait penanaman kelor,” tegas Habel Mbate.

Menurut anggota legislatif 2 periode ini, infrastruktur juga tidak kalah penting, yaitu jalan dari Sillu menuju ke Oemofa, dan juga jalan dari Hapiet ke Seki, di mana jaraknya 10 kilometer. Adapun jalan di Takari yang menyambungkan kembali dengan jalan trans Oemofa juga 10 kilometer dan ini mesti menjadi prioritas penting, karena untuk mendorong ekonomi masyarakat.

“Dengan akses jalan yang bagus, maka tentu juga arus transportasi akan baik. Yang pastinya juga kebutuhan biaya tansportasi itu rendah, serta hal-hal yang lain. Ada juga masalah kekurangan tenaga pendidikan dan kesehatan. Ini mesti menjadi perhatian serius,” jelas Habel Mbate.

Sedangkan Bertus Seran salah satu anggota DPRD Kabupaten Kupang yang juga hadir dalam Musrenbang mengatakan, dari beberapa anggota DPRD yang hadir dalam kegiatan Musrenbang ini, semuanya merespon dan menanggapi secara positif apa yang direncanakan dan disampaikan oleh pemerintah kecamatan, masyarakat dan juga penyampaian-penyampaian para kepala desa terkait pembangunan di setiap desa.

Menurutnya, semua ini perlu diperhatikan dan didukung oleh pemerintah daerah maupun DPRD Kabupaten Kupang, baik dari tiap komisi agar bisa saling kolaborasi dalam memperjuangkan semua program terus.

Bertus Seran juga menegaskan kepada semua kepala desa agar berhati-hati mengelola dana desa yang jumlahnya besar dan ini adalah suatu pesan yang perlu digaris bawahi karena beresiko tinggi, ketika salah mengelola dan salah memanfaatkan sebagai pengguna anggaran maka harus menerima dan konsekwensinya.

“Para kepala desa harus transparan kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk ikut membangun desa. Semua desa yang ada di kecamatan Amabi Oefeto Timur harus berubah wajah, mulai dari desa yang ketinggalan menjadi desa yang maju,”ungkap Bertus Seran.

Camat Amabi Oefeto Timur, Simon S. Selan kepada media ini usai mengikuti rangakaian kegiatan mengatakan, Musrenbangcam tahun 2020 ini akan dijawab di tahun 2021, sedangkan tahun 2019 sudah akan dijawab di tahun 2020.

“Semua usulan yang hari ini disampaikan adalah murni aspirasi masyarakat bukan camat. Di mana  ada salah satu kebutuhan yang diusulkan desa yang dianggap penting, yakni dari desa Oemolo, yang setiap tahunnya mengalami longsor tepatnya jalan menuju SD dan SMP Negeri 1 Tinis,” ujar camat.

Menurut camat, ini catatan sangat penting karena sudah 3 tahun diusulkan dan diangkat pada saat Musrenbang, tetapi kemungkinan keterbatasan dana dan lain-lain maka belum dieksekusi. Tahun 2020 ini, kembali diusulkan dan meminta bantuan para anggota dewan salah satunya Habel Mbate agar bisa mengawal hingga bisa terealisasi tahun depan.

Menurut Simson, dirinya sangat bangga karena sudah 3 tahun berada di Amabi Oefeto Timur, banyak hal positif yang ditemui, salah satunya pada Musrenbang tahun 2020 ini. Di mana banyak anggota dewan yang hadir, dan juga dari lembaga lembaga yang lain, artinya bahwa semua program pastinya akan dikawal secara baik dan menghasilkan program-program prioritas yang sehat nantinya.

Musrenbang tingkat Kecamatan Amabi Oefeto Timur ini dihadiri oleh Danramil, Kapolsek Amabi Oefeto Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Dinas Pendidikan, beberapa utusan OPD, tokoh Agama, PKH, tokoh masyaraakat, dan juga dari lembaga DPRD Kabupaten Kupang yakni, Habel Nikson Mbate, Yacobertus S. Bria Asa Feni, Hengky Febrianus Loden, Daud Ulu, Benediktus Humau, Arnolus Mooy dan Otnial Abia Noel.

Laporan: Sigit Seran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan