Dokter Eirene Ina Dwika Ate Pastikan Kabupaten TTS Aman dari Deman Berdarah Dengue

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS dr. Eirene Ina Dwika Ate.

Soe-InfoNTT.Com,- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS dr. Eirene Ina Dwika Ate pastikan tidak ada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat, baik di rumah sakit maupun Puskesmas.

Kepada media ini, Senin (15/3/2021) , Dr. Eirene menjelaskan bahwa sepanjang Januari hingga pertengahan Maret 2021 tercatat ada 13 pasien yang dirawat dengan diagnosis DBD, namun 13 pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh usai mendapat perawatan medis.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, saat ini tidak ada pasien DBD yang dirawat baik di rumah sakit maupun di Puskesmas. Seluruhnya sudah sembuh dan sudah diijinkan kembali ke rumah.

“Pasien DBD tersebut rinciannya 4 pasien dari kecamatan Kota Soe, 2 dari Panite, 2 dari Niki- Niki, 1 dari Tetaf, 1 dari kualin, 2 dari Binaus dan 1 pasien dari Siso. Hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus pasien yang meninggal akibat DBD,” ujar dr. Eirene.

Dijelaskannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kasus DBD, pertama jarak rumah warga yang berdekatan, kedua kebiasan berkumpul di luar rumah pada sore hari, dan yang ketiga kebersihan lingkungan kurang dijaga.

“Untuk mengurangi kasus DBD, saya menghimbau kepada masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, terutama tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk,” jelasnya.

Sedangkan untuk kasus DBD di tahun 2021 ini, menurutnya masih aman. Namun masyarakat harus tetap menjaga kebersihan lingkungan. Jika bisa, semestinya ada aksi Jumat Bersih yang mana harus kembali digalakkan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan