Dipimpin Camat, Seleksi Perangkat Desa Kecamatan Tobu Masuk Tahapan Wawancara

  • Whatsapp
Camat Tobu selaku ketua panitia kecamatan saat mewawancarai salah satu peserta seleksi perangkat desa

Soe-infoNTT.com,- Ratusan peserta seleksi calon perangkat desa Kabupaten TTS mulai menjalani tes wawancara, salah satu wilayah yang sudah melaksanakan tahapan ini yakni Kecamatan Tobu, Senin (17/02/2020) pagi.

Pantauan media ini dari hari pertama, banyaknya jumlah peserta seleksi maka berlanjut pada sesi wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Febuari 2020.

Bacaan Lainnya

Camat Tobu, Yusak Talan yang juga ketua panitia kecamatan kepada media ini mengatakan, hari pertama yang mengikuti tes ada 4 desa, di mana kecamatan Tobu ada 8 desa, jadi dibagi setiap harinya 4 desa.

Talan merincikan, desa Tutem, Tune, Pubasu dan Tobu mendapatkan kesempatan di hari pertama, sedangkan besoknya giliran desa Huetalan, Bonleu, Sa’ubalan dan Bestobe.

“Yang lulus administrasi itu 116 orang, akan tetapi sampai dengan tes tertulis hingga tes wawancara yang ikut hanya 104 peserta,” ungkap Camat Tobu.

Talan menambahkan, tes wawancara penting dilakukan agar dapat mengukur kecakapan masing-masing peserta, di mana sebagai perangkat desa, tugas mereka tidak hanya mengerti pembukuan atau administrasi pemerintahan. Mereka pun harus bisa dan mampu menjadi seorang panutan.

“Tak hanya pandai pembukuan, namun juga paham bagaimana menghadapi masyarakat. Karakter dia secara umum bisa kita ketahui melalui wawancara itu. Perangkat desa kerjanya tidak hanya di belakang meja, namun harus bisa turun di lapangan,” terangnya.

Dalam tes wawancara, tersebut panitia jalankan sesuai juknis yang sudah ditetapkan dari tingkat kabupaten. Selama proses tahapan seleksi, situasi di kantor camat Tobu terlihat aman dan tertib. Tes wawancara dilakukan pada ruangan camat, yang mana secara bergantian para peserta masuk untuk diwawancarai camat.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan