Dinas PMD Melakukan Sosialisasi BUMDes di Amabi Oefeto Timur, dan Uji Petik di Enolanan

  • Whatsapp
Tim dari kabupaten didampingi Camat Amabi Oefeto Timur saat melakukan uji petik di BUMDes Nekamese (Desa Enolanan).

Oemofa-InfoNTT.com,- Dalam rangka peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di pedesaan, Dinas PMD Kabupaten Kupang melalui bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, terus melakukan berbagai terobosan untuk melakukan sosialisasi pembenahan khusus BUMDes.

Kegiatan sosialisasi kali ini difokuskan di Kecamatan Amabi Oefeto Timur. Di mana dalam disosialisasi tersebut disampaikan kiat-kiat menjadikan BUMDes sebagai pintu utama kesejahteraan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal ini sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha milik Desa dan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2021 tentang pendaftaran, pendataan, pemeringkatan, pembinaan dan pengembangan, pengadaan barang atau jasa BUMDes bersama.

Selain Camat Amabi Oefeto Timur Maher Ora, tim ahli Pengembangan Ekonomi Desa, tim ahli PMD serta para pendamping desa, kegiatan tersebut dihadiri kepada para kepala Desa dan pengurus BUMDes se Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Rabu (16/6/2021) di aula Kantor Camat Amabi Oefeto Timur.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat dari Dinas PMD Kabupaten Kupang Melki Neno dalam arahannya mengatakan, tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah pembenahan khusus kepada pengurus BUMDes karena penyertaan modal dari dana desa cukup besar.

Selain itu, operasional BUMDes perlu dikelola secara profesional sehingga terus berkembang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sesuai amanat PP 11 Tahun 2021. Semua BUMDes berbadan hukum, organisasi BUMDes juga harus jelas, penyertaan modal harus dicatat dan dikelola dengan baik.

”Perlu adanya kerjasama BUMDes dengan lembaga-lembaga di luar BUMDes, dengan tetap melihat potensi di desa,” ujar Melki.

Sementara menyangkut dengan permasalahan BUMDes Oenuntono yang sementara mencuat kepermukaan, Melki Neno berharap pendamping desa untuk segera membuat kronologis secara tertulis sehingga ditindaklanjuti dengan pembentukan tim khusus guna penanganan selanjutnya, sehingga tidak merugikan masyarakat.

Sementara Camat Amabi Oefeto Timur dalam sambutannya meminta perhatian khusus kepada para kepada desa agar terus melakukan evaluasi kinerja badan pengurus BUMDes. Jika ada badan pengurus yang tidak aktif segera dilakukan musyawarah guna pergantian, agar nantinya tidak menghambat laporan pertanggung jawaban keuangan BUMDes.

Selesai melakukan sosialisasi di kantor camat, kegiatan dilanjutkan juga dengan melakukan uji petik lapangan pada BUMDes Nekamese di Desa Enolanan.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan