Deasy Ballo Minta Pemda Sikapi Bencana yang Menimpa Warga Naibonat

  • Whatsapp
Deasy Ballo kunjungi salah satu rumah yang terkena bencana (06/12)

Oelamasi-InfoNTT.com,- Menanggulangi bencana merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah selaku stakeholders di daerah. Hal ini ditegaskan Deasy Ballo, anggota DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi PDIP kepada media ini ketika turun dan melihat langsung kondisi masyarakat Naibonat yang terkena bencana angin puting beliung, Jumat (06/12/2019) pagi.

Menurut Deasy yang juga warga Naibonat ini, dalam mengantisipasi setiap bencana agar tidak menimbulkan kerugian materiil tentunya dibutuhkan antisipasi sejak dini dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Karena pemerintah memiliki peranan penting ikut andil dalam menghadapi bencana yang akan terjadi, sehingga mampu tercipta rasa aman meski daerah tersebut termasuk kategori rawan resiko bencana.

Bacaan Lainnya

“Jika peran pemerintah daerah aktif dalam penanggulangan bencana baru bisa dikategorikan sangat baik, artinya pemerintah mampu melaksanakan serta kesiapsiagaan yang sangat intensif baik sebelum terjadi dan ketika terjadi bencana,” jelas Deasy.

Politisi senior PDIP Kabupaten Kupang ini juga mengungkapkan alasan pemerintah daerah harus siaga dan aktif pada daerah rawan bencana, dikarenakan warga yang terkena bencana yang pasti kehilangan harta benda juga rumah mereka. Di mana mereka berada dalam kehidupan yang memprihatinkan, dan tentu sangat membutuhkan batuan dari dari pemerintah dan para dermawan di daerah ini.

“Kita harus mampu melihat dengan hati. Dengan rusaknya berbagai sumberdaya alam dan fasilitas umum mengakibatkan kebutuhan mereka tentu sulit untuk terpenuhi, lantas dengan keadaan seperti ini kita hanya berdiam diri serta duduk menatap ratapan warga kita sendiri?” ungkap mantan aktivis GMKI ini.

Menurut Deasy, pembangunan kembali daerah yang terkena bencana merupakan suatu kewajiban bagi suatu pemerintah, guna mengembalikan roda perekonomian di daerah bencana. Negara diharapkan mampu dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur, perekonomian serta mental masyarakat yang terkena bencana.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan