(catatan ringan) Yirrkala, kampung kecil suku Yolngu, Aborigin (1)

  • Whatsapp
Penulis dalam perjalanan ke Yirrkala-Gove-Arhmland

Yirrkala-Darwin-NT, infontt.com. Sejak tanggal 5 Juni 2017, PiUm/PJ infontt.com melakukan suatu perjalanan atas undangan satu lembaga pemerhati bahasa dan budaya. Lembaga itu adalah Australian Society and Indiginous Languages (AuSIL). AuSIL mengundang untuk suatu kegiatan pertukaran budaya. AuSIL mengantar sampai di satu kampung suku Yolngu.Suku Yolngu salah satu dari suku bangsa Aborigin. Kampung itu bernama Yirrkala.

Yirrkala satu kampung kecil di Australia Utaa (NT), di suatu daerah yang lebih luas bernama Arnhem Land. Untuk sampai ke kota kecil ini, butuh perjalanan sehari penuh dari kota Darwin. Jarak yang ditempuh dari bandara Darwin Internasional, 1.050 km. Di antara 1.050 km itu rombongan kecil membaginya dalam dua perjalanan. Pertama dari kota Darwin ke kota Katerina yang beraspal 350 km. Kedua dari kota Katerina ke Yirrkala dimulai dengan sedikit jalan beraspal, sisanya kurang lebih 700 km jalanan tidak beraspal, melewati beberapa sungai, jembatan dan jalan rata di tengah hutan tanpa pemukiman.

Bacaan Lainnya

Dalam perjalanan itu, rombongan harus mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Perjalanan yang tidak biasa bagi pemula akan sangat melelahkan. Apalagi ada kekuatiran bila kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Dan, benar! Ternyata di satu kota kecil di pusat Arnhem Land ada papan peringatan, bahwa bahan bakar minyak akan tersedia setelah anda menempuh perjalanan 402 km lagi.

Papan peringatan, BBM akan didapatkan setelah jarak 402 km

Sepanjang perjalanan yang melelahkan itu, rombongan berhenti di beberapa tempat, termasuk untuk makan siang. (roni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan