Bupati TTU Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Biboki Monleu Tahun 2022

  • Whatsapp
Bupati TTU Drs. David Juandi saat menghadiri pembukaan Musrenbang RKPD di Kecamatan Biboki Monleu.

Kefamenanu-InfoNTT.com,- Bupati TTU Drs. David Juandi hadir dan membuka secara langsung pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) tingkat Kecamatan Biboki Monleu, Jumat (05/3/2021) pagi di Aula Kantor Camat Biboki Monleu. Kegiatan musrenbang yang dihadiri oleh utusan dari setiap OPD Lingkup Pemkab TTU tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Bupati TTU Drs. David Juandi dalam sambutannya mengatakan, musrenbang bukan hanya sekedar sebagai ritual tahunan agar melihat dan mentaati asas, namun memiliki makna strategis atau sebagai wadah yang disediakan oleh pemerintah guna membahas dan menyepakati usulan-usulan dari tingkat desa yang tidak diakomodir serta mengidentifikasi setiap permasalahan yang ada di desa.

Menurut Bupati, sebuah perencanaan yang baik merupakan awal yang baik untuk sebuah proses pembangunan. Tujuan dari penyelenggaraan musrenbang RKPD Kabupaten tahun 2022 ini untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di setiap wilayah kecamatan.

“Ini untuk menyepakati kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum sempat tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Musrenbang juga bisa untuk menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten agar nantinya dikawal bersama,” ujar David Juandi.

Bupati yang baru saja dilantik ini mengharapkan agar dana desa juga harus dikelola secara baik. Harus ada peran masyarakat dalam pembangunan, pembangunan itu bukan hanya urusan fisik saja, tetapi juga untuk peningkatan Sumber Daya Manusia, keterampilan dan karakter.

Sedangkan Camat Biboki Moenleu Benyamin Lalian dalam sambutannya mengatakan, nantinya hasil musrenbang Kecamatan Tahun 2021 ini dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan RKPD Tahun 2022. Adapun Usulan yang menjadi perioritas Kecamatan Bikomi moenleu antara lain, pembangunan jalan dan jembatan dari Kecamatan Biboki Moenleu ke Biboki Selatan, kurang lebih puluhan kilometer, serta beberapa jalan desa di kecamatan Biboki Moenleu.

Musrenbang Kecamatan Biboki Monleu ini dihadiri Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten TTU, Anggota DPRD Kabupaten TTU, Pimpinan SKPD Tingkat Kabupaten TTU, Camat dan Sekretaris Biboki Monleu beserta jajarannya, Kapolres TTU, Danpos Biboki Moenleu, para Kepala Desa, Ketua dan anggota BPD serta tokoh masyarakat.

Laporan: Aries Usboko

Pos terkait

Tinggalkan Balasan