Bupati Kupang Tatap Muka Bersama Wartawan Membahas Terkait DBD dan Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Kupang foto bersama para wartawan usai diskusi dan tatap muka

Oelamasi-InfoNTT.com,- Bupati Kupang Korinus Masneno diskusi dan tatap muka bersama para wartawan Desk Kabupaten Kupang terkait dengan berbagai persoalan yang ada di Kabupaten Kupang beberapa pekan terakhir, Jumat (20/03/20) di Kantor Bupati Kupang.

Salah satu pembahasan dalam pertemuan bersama awak media adalah mengenai antisipasi pemerintah dalam memerangi Covid-19 yang saat ini Kabupaten Kupang sendiri sudah ada 1 orang pasien yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, dari data yang ada maka Pemerintah Kabupaten Kupang sendiri merupakan jalur masuk Negara tetangga Timor Leste yakni di Amfoang Timur yaitu Oepoli, di mana Pemkab tidak memiliki Perbatasan Lintas Batas Negara (PLBN).

“Secara hukum pintu di sana itu tidak pernah dibuka dan terbuka, sehingga sampai saat ini juga kami sudah instruksikan kepada camat untuk mengambil langkah-langkah dalam mengantisipasi masuknya pendatang ilegal melalui batas Oekusi dan Timor Leste dan itu sudah kita laksanakan,” jelasnya.

Korinus Masneno juga menghimbau khususnya masyarakat Kabupaten Kupang untuk terus menjaga pola hidup sehat, seperti makan yang bergizi, istirahat secukupnya, dan mencuci tangan ketika selesai beraktivitas.

Korinus Masneno juga menjelaskan terkait dengan persoalan Demam Berdarah (DBD) yang melanda Kabupaten Kupang. Di mana untuk data saat ini sudah ada 3 pasien DBD yang meninggal.

“Antisipasi sudah dilakukan dengan menyampaikan bahwa jika ada masyarakat yang sakit dengan gejala DBD maka harus secepatnya dibawa ke rumah sakit, jangan penyakit sudah parah baru ambil tindakan untuk berobat. Saya pikir ini perlu kita sadari bahwa lebih baik kita mencegah dari pada harus mengobati,” tegasnya.

Korinus menambahkan, penanganan DBD ini sebenarnya dari kesadaran diri masing-masing untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar, membersihkan bak mandi, dan air yang di parit atau selokan itu harus dibersihkan sehingga tidak ada jentik nyamuk yang berkembangbiak.

Korinus Masneno berharap agar masyarakat selalu antisipasi dengan penyakit-penyakit yang saat ini rawan terjadi di NTT, khususnya Kabupaten Kupang, baik itu Corona Covid-19 maupun DBD. Masyarakat tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada jika ada gejala yang serupa coba segera dikonsultasikan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Laporan: Jimi Kapitan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan