Bupati Buka Rapat Koordinasi Camat, Kades dan BPD se Kabupaten Kupang

  • Whatsapp
Bupati Kupang, Korinus Masneno saat memberikan sambutan pada pembukaan rapat koordinasi bagi camat, kepala desa dan BPD se Kabupaten Kupang (04/11).

Oelamasi-InfoNTT.com,- Bupati Kupang, Korinus Masneno membuka Rapat Koordinasi (Rakor) bagi para camat, kepala desa, dan BPD se-Kabupaten Kupang Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi, Kamis (04/11) pagi.

Turut mendampingi Bupati Kupang dalam pembukaan tersebut yakni Wakil Bupati Jerry Manafe, Kapolres Kupang, perwakilan Kajari Oelamasi, perwakilan Dandim, Kepala BPJS Oelamasi, perwakilan Kepala Kantor Pajak Pratama, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, para Camat dan para Kades se-kabupaten Kupang.

Dalam sambutannya Bupati Kupang mengatakan, bahwa pusat pembangunan di tingkat Kabupaten Kupang berada di desa, maka desa merupakan garda terdepan yang berhadapan dengan masyarakat. Oleh sebab itu, jika desa sekarang menjadi pusat perhatian pemerintah yang dibangun dari bawah, maka benteng pertahanan Bupati adalah para camat, di mana fungsi benteng pertahanan yaitu memfasilitasi, memberi arahan, menegakkan aturan dan mengontrol di garda terdepan yaitu di desa-desa.

Korinus Masneno menerangkan, kegiatan yang harusnya dilaksanakan secara rutin, dikarenakan pandemi maka rakor ini baru dilaksanakan hari ini, yang merupakan kesempatan untuk bisa bertemu dengan pihak Polres, Kajari, Pajak Pratama dan BPJS dalam membangun kesepakatan agar bersama memperbaiki yang belum sempurna dan menata kembali jalan yang salah.

Korinus Masneno berharap forum ini bisa dimaknai sebagai tanggungjawab dalam rakor karena hanya orang yang menyadari kekurangan yang mampu untuk berpikir mencari solusi dalam persoalan ini.

“Ada desa yang LPJ tahun 2020 belum juga dipertanggungjawabkan. Karena itu, saya meminta kepada Inspektorat Daerah dan kita semua untuk melakukan pendekatan dan penegasan agar bisa dilakukan pengesahan pencairan anggaran. Harus ada kerjasama antara BPD dan Pemdes untuk bersatu membangun negeri”, tegas Korinus Masneno.

Lebih lanjut Korinus menghimbau tentang pemilihan Kades, bahwa para Camat harus melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para Kades demi mendapatkan solusi agar Pilkades bisa berjalan dengan sukses.

“Camat merupakan Bupati Kupang ditingkat kecamatan, jadi jangan ragu mengambil keputusan, namun juga jangan jadikan sebagai kesempatan menjadi bupati-bupati kecil. Di sini peran camat sangat luar biasa karena sukses tidaknya Pilkades, ada ditangan camat,” ujar Korinus.

Akhir kata, Masneno mengucapkan selamat berkarya bagi para kepala desa dan camat, semoga semua pihak yang hadir dan berjuang di desa mampu membangkitkan rakyat yang maju, mandiri dan sejahtera.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan