Banyak Patahan Tanah di Desa Nekemunifeto, Pihak Kecamatan Mollo Tengah Mulai Lakukan Koordinasi

  • Whatsapp
Ketua DPRD NTT, Emi Nomleni saat berkunjung ke Desa Nekemunifeto.

Soe-InfoNTT.com,- Pemerintah Kecamatan Mollo Tengah tidak tinggal diam atas peristiwa bencana siklon seroja beberapa waktu lalu. Gerak cepat pemerintah kecamatan mendata secara baik para korban, khususnya di Desa Nekemunifeto.

Camat Mollo Tengah, Yosis Banamtuan kepada wartawan Selasa (20/4/2021) sore mengatakan, terkait dengan bencana alam yang terjadi di Desa Nekemunifeto, secara administrasi sudah dilaporkan Ke Bupati TTS melalui Kantor BPBD Kabupaten TTS, dan tim sudah melakukan penanganan yang sifatnya darurat berupa pemberian bantuan sembako.

Bacaan Lainnya

Selain itu, ada juga bantuan dari partai dan juga donatur yang lain. Kecamatan Mollo Tengah khususnya Desa Nekemunifeto, ada 14 rumah yang rusak mengalami berat dan ringan. Pihak kecamatan juga berkoordinasi dengan pemerintah desa agar membantu lewat Dana Desa tahun ini.

Sedangkan untuk kantor desa yang rusak berat tetap akan ada upaya untuk bangun kembali agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal. Sedangkan untuk jalan poros desa yang terputus, pemerintah setempat akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk bantu dengan alat berat.

“Untuk alat berat, besok kita akan buat surat ke Bupati dan tembusannya ke Dinas PUPR dan BPBD untuk membantu dalam penanganan, sehingga arus transportasi bisa normal,” ungkap Camat.

Untuk dikatahui bahwa lokasi kerusakan di Desa Nekemunifeto yang tidak bisa diperbaiki ada di dusun 1, yang mana akses jalan ke Lelobayan putus total, retakan atau pergeseran tanah di sejumlah titik, seperti di RT 1 sampai 3 dan longsor sepanjang 1,8 kilometer.

Jalan utama bergeser 25 meter, kedalaman patahan 6 hingga 9 meter. Rencananya sudah ada lokasi untuk membuka akses jalan. Banyak retakan di jalan desa membuat kewaspadaan bagi masyarakat di Desa Nekemunifeto.

“Saya atas nama pihak Kecamatan Mollo Tengah mengucapkan limpah terimakasih kepada ketua DPRD provinsi NTT bersama badan pengurus partai PDIP Kabupaten TTS, Kaplores TTS, Pemda TTS dan juga pihak-pihak yang sudah turun ke lokasi dan meninjau serta memberikan bantuan kepada korban bencana,” ujar Camat Mollo Tengah.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan