Anggota TNI Selalu Siap 24 Jam Melayani Kesehatan Masyarakat di Perbatasan

  • Whatsapp

Belu-InfoNTT.com,- Salah satu jati diri TNI adalah Tentara rakyat, di mana secara sederhana, makna tentara rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat, dan berjuang untuk rakyat. Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, menjelaskan bahwa tentara rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat bersenjata yang berjuang melawan penjajah untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan pada perang tahun 1945-1949 dengan semboyan, merdeka atau mati.

Bacaan Lainnya

Pos Damar, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/Sbh yang ditugaskan untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan, turut memiliki andil dengan masyarakat di wilayah perbatasan, khususnya di wilayah binaan mereka di Dusun Aisik, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT.

Dengan berasaskan Tentara dari rakyat dan untuk rakyat, anggota TNI di Pos Damar betul-betul mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Hal ini sangat terlihat pada, Minggu (03/03/2019) malam, yang notabene masyarakat sudah tertidur pulas, akan tetapi karena masyarakat membutuhkan TNI, maka dengan sigap TNI membantu.

Rio Santos (16 Tahun), yang merupakan warga Dusun Aisik, mengalami musibah jatuh dari motor saat hendak kembali ke rumahnya. Rio terkena musibah tersebut karena menghindari binatang yang hendak menyebrang dari jalan, alhasil Rio pun terjatuh dari motor.

Beruntung karena kecepatan motor yang dikendarainya tidak terlalu kencang, akhirnya Rio pun bisa kembali bangkit dan membawa sepeda motornya menuju ke Pos Damar, sontak anggota TNI yang bertugas di Pos Damar dengan cepat memberikan pertolongan pertama, membersihkan luka, kemudian menutup luka tersebut.

Danpos Damar, Lettu Inf A.Milzam yang dimintai konfirmasi menyampaikan bahwa minggu malam ini masyarakat wilayah binaannya mendapat musibah, yaitu terjatuh dari motor. “Rio merupakan salah satu anak yang cukup rajin bersekolah, dia merupakan siswa kelas 2 di SMA Negeri 2 Belu, masih untung saat Rio mengalami musibah tersebut, dia masih mampu mengendarai motor sampai ke Pos kami,”ujarnya.

Milzam menambahkan, sampai di Pos, dengan cepat tenaga kesehatan yang ada memberikan pertolongan pertama. Ini merupakan komitmen TNI, di mana selalu siap 24 jam untuk melayani masyarakat di wilayah binaan Pos Damar.

Bertempat di Pos Damar, Rio mengucapkan terima kasih dengan mengatakan anggota TNI karena sudah menolong dirinya. Dirinya berharap agar bisa secepatnya sembuh dan kembali bisa bersekolah.

Selain menjaga kedaulatan Negara, anggota Pos Damar juga sangat sering membantu masyarakat di wilayah binaannya, contohnya yang diperlihatkan malam ini, yaitu membantu di bidang kesehatan. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan