Anggota TNI Mengajak Pelajar SMP di Perbatasan Menjaga Kebersihan Sekolah

  • Whatsapp

Belu-InfoNTT.com,- Pos Damar, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/Sbh, memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di sektor timur. Hal ini yang membuat mereka secara rutin melaksanakan patroli patok-patok perbatasan untuk mengecek kondisi batas wilayah kedaulatan Republik Indonesia, akan tetapi anggota TNI yang tinggal dalam lingkungan masyarakat, tidak hanya melaksanakan patroli patok semata, mereka juga sering membantu masyarakat, seperti membersihkan lingkungan, anjangsana, mengajar di sekolah-sekolah perbatasan dan masih banyak kegiatan positif lainnya.

Bacaan Lainnya

Sabtu (9/03/2019), bertempat di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timor, Kabupaten Belu, empat orang anggota TNI mengunjungi SMP Negeri Silawan untuk mengajak para siswanya untuk membersihkan lingkungan sekolah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran para pelajar tentang akan pentingnya kebersihan lingkungan, dan juga diharapkan cinta kebersihan ini bukan cuman hanya terjadi di sekolah, melainkan di rumah maupun di lingkungan tempat tinggal anak murid.

Berbekal alat seadanya, anggota TNI bersama dengan siswa dan siswi SMP Negeri Silawan saling bahu membahu untuk membersihkan sekolah mereka, dan tidak membutuhkan waktu yang lama, sekolah mereka menjadi makin bersih dan asri.

Santos (35 Tahun) guru matematika SMP Negeri Silawan memberikan komentar bahwa kegiatan anggota TNI, khususnya Pos Damar di wilayah perbatasan sangat banyak, khususnya di bidang pendidikan. Sudah banyak kegiatan yang masyarakat lakukan bersama dengan Anggota TNI.

Ia mencontohkan salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengajarkan PBB, Drumband di sekolah, dan kali ini mereka mengajak anak didik kami untuk membersihkan sekolah guna mewujudkan lingkungan sekolah yang asri.

”Harapan kami kedepannya, anak didik lebih termotivasi lagi untuk belajar di sekolah, selain karena hadirnya anggota TNI, juga karena sebagian murid kami, khususnya yang laki-laki sangat tertarik untuk menjadi abdi negara. Saya mewakili SMP Negeri Silawan mengucapkan bangak terima kasih kepada anggota TNI,”tutup Bapak Santos.

Dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Danpos Damar, Lettu Inf A.Milzam menyampaikan bahwa anggota TNI di sini memiliki tugas pokok untuk menjaga kedaulatan NKRI, akan tetapi dirinya sangat berharap kehadiran TNI di wilayah perbatasan ini dapat berguna bagi masyarakat.

”Perlu kami sampaikan bahwa animo masyarakat terhadap kehadiran anggota TNI di wilayah ini sangat tinggi, terbukti dengan setiap kegiatan positif yang kami lakukan, antusias masyarakat sangat baik. Harapan kami kedepannya masyarakat akan terus semangat seperti ini,”pungkas Lettu Inf A.Milzam.

Perlu diketahui, anggota TNI ini bertugas di wilayah perbatasan selama 9 bulan lamanya, dan di waktu tersebut mereka telah banyak berbuat untuk masyarakat di wilayah perbatasan. Banyak hal yang akan dilakukan para prajurit TNI, selagi masih diberikan kesempatan untuk berbakti kepada bangsa dan negara. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan