Anggota Satgas Pos Asulait Turun Tangan Membuat Jamban Sehat Bersama Warga di Perbatasan

  • Whatsapp

Belu-InfoNTT.com,- Upaya menciptakan meningkatkan kesehatan masyarakat terus dilakukan pos Asulait Satgas pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH. Selain kegiatan kesehatan keliling, penyuluhan kesehatan dan pos yandu, kali ini anggota pos Asulait praka Tommy dan pratu Zakariya melakukan upaya melalui pembuatan jamban sehat bagi masyarakat di wilayah binaan Desa Umaklaran, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (09/03/2019).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kesehatan yang pelaksanaannya dilakukan melalui Program Bakti TNI yang dimulai sejak awal satgas berlangsung.

Dankipur 1 Lettu inf Ari Cahyo Wibowo melalui danpos Asulait serka Ferry Eko Ariyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian program peningkatan kesehatan masyarakat, berupa penyediaan sarana sanitasi jamban sehat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan (BABS).

Keikutsertaan TNI dalam kegiatan pembuatan jamban yang dicanangkan pemerintah ini pun mendapatkan respon yang positif dari warga, mereka mengaku terbantu.

Menurut warga, sebelumnya sebagian warga masih terbiasa BAB di sembarangan tempat, sehingga lingkungan menjadi kurang sehat. Dengan adanya jamban sehat ini, diharapkan akan mengikis kebiasaan BAB di sembarang tempat tersebut sehingga akan tercipta lingkungan sehat.

“Saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan pak TNI dalam pembuatan jamban ini, sehingga bisa cepat selesai dan kami tidak perlu lagi buang air besar di sungai,” kata Markus, warga setempat. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan