Anggaran Tidak Refocusing, Dandim 1604 Minta Pemkab Kupang Mamfaatkan TMMD di Amarasi Selatan

  • Whatsapp
Camat Amarasi Selatan saat menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 111 Tahun 2021.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Bupati Kupang, Korinus Masneno menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 111, Selasa (08/6/2021) di ruang rapat Bupati Kupang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1604 Kupang Kol. Arh Abraham Kalelo dan jajarannya, Sekda Obet Laha, para Asisten dan Staf Ahli Setda Kab. Kupang, Kepala BP4K Rima K.S. Salean, Kepala PUPR Maclon J. Nomseo, Kadis PMD Charles Panie, Kepala RSKK Kabupaen Kupang Benidiktus Selan dan Camat Amarasi Selatan Tonce Teuf.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan TMMD ini akan dilakukan di Kecamatan Amarasi Selatan mulai tanggal 15 Juni hingga 14 Juli 2021, melalui pembangunan fisik dan juga non fisik. Pembangunan fisik seperti pembangunan 3 ruang kelas baru dan 1 ruang guru, rehap gereja dan kapela, serta rehap pastori.

Pembangunan non fisik seperti penyuluhan dan penanggulangan bencana kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran sebesar Rp. 977.500.000 dan semuanya akan dipertanggungjawabkan menggunakan SIPD.

Korinus Masneno menuturkan, kerjasama Pemda dan TNI dalam membangun masyarakat sudah dilaksanakan sejak lama dan berkesinambungan. Ini merupakan tahun ke-2 kegiatan TMMD di kecamatan pesisir yang berbatasan dengan Australia.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada TNI dan masyarakat yang telah berpartisipasi efektif, karena program yang dijalankan tahun kemarin berlangsung dengan efesiensi yang baik dan waktu kerja yang cepat. Kegiatan yang berlangsung selama sebulan ini merupakan kerja keras Pemda, TNI dan partisipasi masyarakat setempat.

“Saya percaya dengan adanya penandatanganan kerjasama beserta uraiannya, kegiatan TMMD ini akan selesai tepat waktu. Baik itu kegiatan fisik maupun administrasinya juga harus selsai tepat waktu agar bisa dipertanggungjawabkan. Prosesnya harus hati-hati karena menggunakan SIPD. Oleh sebab itu tim keuangan harus berperan aktif agar bisa mendukung lancarnya kegiatan ini,” ujar Masneno.

Bupati Kupang juga berharap agar kelebihan nilai-nilai yang tumbuh dari masyarakat bisa menjadi daya dukung yang kuat untuk pekerjaan fisik maupun juga non fisik, dan semoga TMMD bisa dilakukan 2 kali dalam setahun. Selain TMMD perbatasan bisa juga TMMD reguler di desa maupun kecamatan pesisir.

Sedangkan Dandim 1604 Kupang Kol. Arh Abraham Kalelo mengungkapkan, bahwa program TMMD akan sangat bermanfaat jika bekerjasama dengan Pemda. Ia berpesan kepada Bupati dan jajarannya agar sedapat mungkin memanfaatkan TMMD, karena kegiatan ini tidak pernah mengalami refocusing.

Dandim 1604 Kupang juga tak lupa mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Kupang selama ini terhadap Kodim. “Meskipun tugas pokok kami bukan membangun, namun kami difasilitasi untuk bersama membangun wilayah Kabupaten Kupang seirama dengan program Pemda.Kami akan berusaha sebaik-baiknya menyelesaikan kerjasama ini,” ujar Dandim.

Selain itu Dandim juga berharap petunjuk asistensi dari Bupati dan jajarannya agar bisa terselesaikan. Hal ini dimaksud agar kerjasama yang solid akan mampu menuntaskan berbagai pekerjaan di lapangan.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Editor: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan