Alasan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Ende Studi Banding ke TTS

  • Whatsapp
Rombongan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Ende saat berada di Kabupaten TTS.

Soe-InfoNTT.com,- Rombongan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ende, yang dipimpin Yohanes Naislaka bersama lakukan studi banding di Kabupaten TTS. Rombongan ini diterima Kepala Bapenda Kabupaten TTS, Aba Anie, Kamis (17/6/2021) di kantor Bapenda TTS.

Kepala Bapenda Kabupaten Ende, Yohanes Naislaka kepada media ini mengatakan, Bapenda Ende sengaja memilih Bapenda Kabupaten TTS sebagai lokasi studi banding karena Bapenda TTS merupakan Bapenda pertama di Propinsi NTT yang menerapkan sistem online dalam pembayaran pajak dan retribusi.

Menurutnya, pemberlakuan pembayaran pajak secara online bisa mengurangi kebocoran sehingga pendapatan daerah menjadi lebih maksimal.

“Sesuai data kita, Bapenda Kabupaten TTS menjadi yang pertama yang menerapkan inovasi pembayaran secara online di Propinsi NTT,” ungkap Yohanis.

Lanjut Yohanis, di Kabupaten Ende sendiri belum semua pembayaran pajak dan retribusi dilakukan secara online. Baru 9 jenis pajak yang sudah dilakukan bayarannya secara online sejak tahun kemarin. Sedangkan pembayaran retribusi pasar, parkir dan pariwisata dipersiapkan untuk dilakukan pembayaran secara online pada tahun ini.

“Kita ingin belajar dari Bapenda Kabupaten TTS terkait pemanfaat dan pengelolaan sistem online dalam pembayaran pajak dan retribusi secara online. Agustus ini kita rencanakan pencanangan pembayaran retribusi pasar, parkir dan pariwisata secara online,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Bapenda TTS, Aba Anin mengaku senang bisa menerima kunjungan dari rombongan Bapenda Kabupaten Ende. Kunjungan persahabatan tersebut, dilihat sebagai moment saling memotivasi dan saling mengisi untuk bisa meningkatkan kinerja.

“Kita senang karena saudara-saudari kita dari Ende sudah mau datang untuk sama-sama belajar dan memotivasi, agar kedepan kita semua mampu bekerja lebih maksimal lagi,” jelasnya.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan