Akun Facebook Dihack? Baca ini!

Sobat infontt yang budiman. Belakangan ini , Banyak yang bertanya bahkan diresahkan mengapa akun Facebook miliknya di tuduh sering mengundang orang ke group-group Facebook tertentu secara otomatis? Padahal pemilik akun yang bersangkutan ini tidak sekalipun mengundang teman-teman Facebooknya untuk bergabung ke grup-grup tidak jelas tersebut. Hal ini menjadi menjengkelkan oleh kedua belah pihak, yang tertuduh merasa dirugikan karena ia beralasan bahwa dia tidak sekalipun mengundang seseorang untuk bergabung di grup yang bahkan bukan miliknya. Lebih-lebih orang yang diundang ke grup tidak jelas ini, tentu saja mereka marah dan merasa tidak nyaman, sebab penambahan ke grup tersebut tidak hanya terjadi sekali saja, melainkan berkali-kali dan dilakukan oleh orang yang sama. Bahkan parahnya, sehari bisa mendapatkan 3 kali invite/join ke grup Facebook abal-abal itu.

Sebetulnya hal ini bukan terjadi begitu saja. Dan bukan juga dihack, namun itu karena mereka yang terkena itu adalah yang belum terlalu paham dalam menggunakan media social FB. Dengan kata lain karena penasaran dan iseng-iseng maka yang terjadi justru mencoreng nama baik,,,,,

Oke sobat……..Ternyata terdapat beberapa alasan mengapa sampai Facebook seseorang mengundang Facebook orang lain secara otomatis ke grup-grup yang tidak jelas tersebut, hingga sampai memposting konten-konten p*rno.

Penyebabnya ialah sebagai berikut.

  1. Pernah membuka gambar atau video p*rno yang dipublish pengguna Facebook lain yang menuju ke website/blog tertentu; yang sebetulnya itu ialah virus atau bot yang nantinya akan mengendalikan akun Facebook anda untuk keperluan yang aneh-aneh.
  2. Pernah menginstal software, flash player, add-ons, setelah mengklik gambar atau video cabul yang dibagikan oleh teman Facebook; hal ini sangat masuk akal sebab software, flash player ataupun add-ons yang anda install tersebut disisipi script/bot jahat untuk mengerjai Facebook anda.
  3. Jika anda pengguna smartphone; kemungkinan smartphone anda telah terinveksi script/bot virus yang membuat hal ini terjadi. Apalagi jika sampai mengisntal aplikasi yang tidak jelas sumber dan kegunannya apa.
  4. Komputer terkena virus; hal ini sebetulnya rangkaian dari kondisi atas kejadian yang telah dijelaskan pada dua poin di atas.

Nah, dari poin-poin di atas kita sudah mengetahui penyebab mengapa akun Facebook sampai mengundang orang lain ke grup-grup tertentu secara otomatsi atau tanpa sepengetahuan anda. Untuk mencegah agar hal ini tidak kejadian lagi

 

 

Untuk membuat kasus seperti ini agar tidak terulang lagi, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Berhenti mengklik gambar atau video p*rno di Facebook

Agar tidak terjebak lagi, melihat atau membuka gambar dan video cabul haru segera dihentikan. Agar Facebook anda tersebut tidak lagi membuat risih seseorang karena sering menambahkan mereka ke group-group yang tidak jelas.

 

Hapus software, aplikasi, media player atau add-ons yang disinyalir memicu terjadinya hal ini

Untuk menjalankan hal ini memang agak sedikit sulit dan ruwet. Apalagi jika anda pengguna smartphone atau PC yang aktif menginstal macam-macam software, aplikasi dan add-ons (di Google Chrome, Mozilla, Opera Mini) di handphone, komputer/laptop milik anda. Namun, pastikan saja mana aplikasi atau software yang setelah anda install kemudian tidak ada gunanya, maka segeralah menghapus aplikasi/software tersebut.

Selain itu, pastikan pula bahwa tidak ada add-ons atau pengaya yang tidak jelas terpasang di browser anda, baik di Google Chrome, Mozilla, Opera Mini dan lainnya, dengan membuka menu Pengaya di masing-masing browser tersebut.

Scan atau install ulang jika terkena virus

Kalau merasa komputer/PC anda terkena virus maka segeralah untuk mengupdate anti virus di komputer tersebut lalu lakukan scan, termasuk web scan. Namun, jika tidak mempan juga alangkah baiknya PC tersebut di install ulang.

Begitupun untuk pengguna smartphone, lakukan scaning dengan antivirus yang terpercaya. Lalu hindari mengisntal aplikasi yang tidak jelas kegunaanya.

Mengganti passwor akun Facebook secara berkala

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan besar akun Facebook anda bertingkah aneh-aneh yaitu sering menambahkan seseorang ke grup tidak jelas karena akun anda tersebut telah dikuasai oleh bot hack.

Untuk mengantisipasi kejadian yang lebih parah selanjutnya, maka anda perlu mengganti password akun tersebut secara berkala, minimal 6 bulan sekali atau paling cepat 3 bulan sekali.

Namun, sebelum anda melakukan langkah antisipatif dengan mengganti password, pastikan anda dapat login ke email yang telah didaftarkan pada akun Facebook tersebut. Dengan pengertian lain, email anda harus dapat diakses terlebih dahulu. Jika hal ini terpenuhi, maka lakukan penggantian password pada akun Facebook anda.

NAH…..kalau ada teman anda yang terkena jangan cepat-cepat disumpahi yah…apalagi dimaki-maki yah….! Itu semua hanya karena ia masih awam dalam menggunakan media sosial!

(dn)

 

Pos terkait