Ada apa di Desa Laob, Polen?

  • Whatsapp
salah satu model motif pada beti'

Polen-TTs, -.infontt.com.- Bagi sebagian orang di Timor Tengah Selatan, nama Kecamatan Polen pasti diketahui. Tapi, nama salah satu desanya yaitu desa Laob, apakah orang mengetahuinya? Tentu saja mereka yang berada di bekas ke-usif-an Mollo mengetahui.
IMG_8238
Untuk mencapai desa Laob khususnya di kampung Baob, butuh extra kesiapan mental. Setelah melewati pertigaan di ujung jalan Kecamatan Tobu’ (TTS) ke utara mengarah ke Eban-TTU, ke selatan menuju ke Molo Utara, Selatan dan Timur. Aspal yang hancur menyebabkan jalanan berlubang, terlebih lagi menurun/mendaki yang menyebabkan pengemudi baru harus extra waspada.

Pengemudi extra waspada
Pengemudi extra waspada

Menuju ke Loab/Boab harus lebih extra lagi kesiapan pengemudi mengendalikan kendaraannya. Jalanan menurun/mendaki mengitari perbukitan, melingkari sungai, hingga tiba di satu dataran yang landai nan indah. Sayangnya, bila banjir, masyarakat desa itu pasti kesulitan air bersih. Bila tidak hujan mereka mengagmbil air di pinggir sungai dengan membuat kanal kecil tempat resapan air bersih (mata air) Itulah Laob.
Sungai melingkari desa Laob
Sungai melingkari desa Laob

Nama Laob sendiri, menurut penuturan Titus Lassi dan Simon Lassi yang diaminkan oleh para tokoh masyarakat, adalah sebutan kepada seseorang yang tidak diketahui namanya. Orang menyebutnya Laos/Laob. Mengapa? Ternyata orangg itu berasal dari Ndao (Rote). Orang Timor (Atoin Meto’) menyebut orang Ndao sebagai Laos (Raos ~ kata orang Amarasi). Si orang Ndao yang mempunyai keahlian meracik obat peluru (upa’) untuk senapan tumbuh (laras panjang) pada masa lampau, serta keahlian sebagai pengrajin logam (perak). Orang ini berkelana sampai ke sana. Ia dimanfaatkan oleh usif Mella dengan menyembunyikannya di sebuah bukit. Bukit itu kemudian dinamakan Laob untuk menyamarkan tempat itu sebagai tempat persembunyian si Laos (orang Ndao).
IMG_8381
Ketika pembentukan desa menurut aturan PP 19/1965, tentang Desa Praja, nama bukit itu dialihka menjadi nama desa.Kuan-kuan yang bergabung adalah Baob, Bimobu, Mailam, Kobe Oob, dan Noebesi. Pusat desa Laob berada di Baob.
salah satu motif pada sehelai beti'
salah satu motif pada sehelai beti’

Itulah desa Laob di kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan. (roni, 27/03/16)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan