700 Juta Anggaran Dana Desa untuk WC Sehat Tahun 2019 di Luniup Terbengkalai

  • Whatsapp
Salah satu WC sehat yang terbengkalai

Kefamenanu-InfoNTT.com,- Pembangunan WC sehat di desa Luniup, kecamatan Biboki Moenleu, kabupaten TTU terbengkalai. Masyarakat setempat belum bisa memanfaatkan pembangunan WC sehat tersebut lantaran pekerjaanya belum mencapai 100 persen sesuai perencanaannya.

Hasil pantauan InfoNTT di lokasi, terlihat kondisi beberapa unit pembangunan WC sehat belum di lengkapi atap, pintu serta beberapa perlengkapan lainnya juga belum terpasang.

Bacaan Lainnya

Salah satu warga sekaligus penerima mamfaat dari WC sehat ini, Edy Amtahan kepada InfoNTT.com, Kamis (04/5/2020) mengatakan, terbengkalainya WC sehat tersebut dikarenakan penggunaan dana desa untuk pembangunan WC sehat tahun 2019 yang dikelola oleh pejabat kepala  desa Luniup tidak transparan dengan masyarakat.

Menurutnya, pejabat kepala desa Luniup diduga melakukan penyelewangan dana desa pada proyek pembangunan WC sehat tersebut, sehingga menjadi penyebab pekerjaan bangunan tidak selesai dikerjakan dan terbengkalai.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Luniup Alfons Taimenas saat dihubungi media ini mengatakan, benar pekerjaan WC sehat untuk 67 KK di Desa Luniup pada tahun 2019 belum juga selesai. Ha tersebut dikarenakan, dananya disilpakan sehingga dicairkan di tahun 2020 dan akan tetap melanjutkan pekerjaan pembangunan WC sehat tersebut.

Alfons menambahkan terkait anggaran untuk pembangunan WC sehat itu bersumber dari dana desa tahun 2019 sebesar 700 juta lebih untuk 67 KK penerima manfaat WC sehat di Desa Luniup. Setia KK per unitnya dianggarkan dana sebesar 10 juta lebih.

Laporan: Aries Usboko

Pos terkait

Tinggalkan Balasan