395 Warga Fatuleu Dapat Pengobatan Gratis

  • Whatsapp
Selama dua hari, sejumlah tim yang terdiri dari enam orang dokter, delapan orang perawat & bidan serta sejumlah Suster-Suster Cinta Kasih CB dan para Postulan serta personil TNI bersama-sama melakukan bakti sosial (baksos) pengobatan gratis di Markas Koramil Camplong, Kelurahan Camplong 1, Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang.
Bakti sosial ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan sosial yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Ulang Tahun RS St. Carolus Borromeus ke-6 dan peringatan Jubilee 100 tahun Kongregasi CB berkarya di Indonesia. Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2018 di Markas Koramil Camplong, tercatat sebanyak 395 orang mendapatkan pengobatan gratis.
Kebanyakan pasien yang datang pada baksos tersebut mengeluhkan infeksi saluran pernapasan atas, skabies, kecacingan dan penyakit infeksi lainnya. Namun sebagaimana kegiatan baksos, terkadang ditemui kondisi-kondisi yang cukup serius yang sebenarnya membutuhkan perawatan lanjut di tingkat rumah sakit. Salah satunya adalah seorang bapak yang datang dipapah oleh keluarganya karena kelumpuhan di sisi kiri tubuh yang sudah dideritanya sejak 11 bulan lalu dan mengakibatkan kesulitan berjalan. Dalam pemeriksaan tekanan darah diketahui bahwa tekanan darah sang bapak sangat tinggi yaitu 200/130 mmHg, dimana hal ini merupakan salah satu kegawatdaruratan medik yang harus mendapat penanganan segera. Tim baksos memberikan penanganan awal berupa obat penurun tekanan darah menyarankan sang bapak untuk segera menuju rumah sakit terdekat.
Beberapa kasus serius lainnya yang juga ditemui saat baksos tersebut antara lain penyakit jantung, infeksi menahun yang berisiko pada pembusukan tulang, infeksi paru, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan pentingnya kesadaran serta akses masyarakat untuk berobat dan mencari bantuan medis sebelum penyakit-penyakit tersebut menjadi semakin berat dan semakin kompleks.
Baksos ini sengaja memilih tempat di Markas Koramil Camplong dengan pertimbangan lokasi yang tepat berada di sebelah Pasar Lili mampu dijangkau oleh banyak orang yang datang pada hari pasar, sehingga banyak orang bisa mendapatkan manfaat positif dari kehadiran tim baksos di daerah tersebut. Melalui kegiatan-kegiatan bakti sosial seperti ini diharapkan RS St. Carolus Borromeus dan Suster-Suster Cinta Kasih CB dapat menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan, bukan hanya yang datang mencari pertolongan ke rumah sakit, tapi juga mereka yang menghadapi keterbatasan akses pengobatan. [/ERC]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan