Penjabat Bupati Alexon Lumba Menerima Kunjungan Kementerian di Kabupaten Kupang 

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten Kupang, Jumat (9/8) menerima kunjungan dari beberapa perwakilan kementerian, antara lain dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memonitoring pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia bidang kemaritiman dan pelaksanaan kegiatan sektor kelautan dan perikanan, dalam mendukung implementasi tata kelola perikanan tangkap, serta mendorong pertumbuhan koorporasi dan pemberdayaan nelayan.

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba, menyambut langsung rombongan tersebut saat tiba di Kantor Bupati Kupang, Oelamasi.

Alexon Lumba saat menyampaikan sapaan penyambutan secara singkat menggambarkan segala hal tentang Kabupaten Kupang, baik itu letak wilayah, topografi, perkembangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lainsebagainya kepada kepada rombongan yang hadir.

Namun dijelaskan Alexon Lumba, persoalan utama di Kabupaten Kupang yang perlu mendapat bantuan khusus dari Pemerintah Pusat adalah infrastruktur jalan di Kabupaten Kupang yang sangat buruk, terutama di daerah Amfoang dan Fatuleu.

“Kondisi infrasatruktur jalan kita ini yang butuh sentuhan dari Pemerintah Pusat, terutama dari Kementrian-kementrian dan lembaga terkait, karena kondisi keuangan daerah Kabupaten Kupang sangatlah terbatas. Total panjang jalan kita saat ini baru mencapai 697 kilometer lebih, dengan kondisi rusak ringan 26 kilometer lebih, dan 259 kilometer dalam kondisi rusak berat. Ada jembatan kita di daerah perbatasan Fatuleu dan Amfoang itu sudah rusak parah karena tertimpa bencana seroja beberapa waktu yang lalu, bahkan banyak sungai di Kabupaten Kupang yang sama sekali belum memiliki jembatan penyebrangan”, jelas Alexon Lumba.

Alexon Lumba berharap, kunjugan perwakilan Kementerian-kementerian yang datang tersebut setidaknya dapat sedikit membantu Pemerintah Kabupaten Kupang, untuk membatu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada, tentunya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Sementara itu perwakilan Kementerian PPN/Bappenas Setyawati mengatakan, paparan singkat mengenai kondisi Kabupaten Kupang yang sudah disampaikan Penjabat Bupati Kupang tersebut, tentu sangatlah berharga bagi PPN/Bappenas, sebagai masukan untuk merencanakan pembangunan-pembangunan di seluruh Indonesia, terutama di Kabupaten Kupang.

Ditambahkannya, rombongan nantinya juga akan melengkapi data yang sudah tersedia dengan data yang akan mereka kumpulkan di lapangan, saat berkunjung ke daerah-daerah yang sudah direncanakan untuk di kunjungi di kabupaten Kupang, pada beberapa hari kedepan.

Perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan John Patti, dalam kesempatan yang sama mengatakan, kunjungan mereka terutama untuk melihat bagaimana dukungan Pemerintah terhadap usaha-usaha peningkatan kesejahteraan yang dilakukan oleh Masyarkat.

Dilanjutkannya, dengan kerjasama dan kerja keras dari semua pihak, diyakininya pertmbuhan ekonomi Masyrakat Kabupaten Kupang akan meningkat dari waktu ke waktu, dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tentu dengan caranya tersendiri akan mendukung hal tersebut.

Turut mendampingi Penjabat Bupati dalam kesempatan tersebut, Asisten II Sekda Kabupaten Kupang Mesakh Elfeto, Kepala BP4D Kabupaten Kupang Juhardi Selan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kupang Jackson Baok, dan perwakilan-perwakilan OPD terkait lainnya.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *