Menuju NTT 1, Perjalanan Karir Melki Laka Lena Hingga Pimpin Komisi IX DPR RI

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena.

Kupang-InfoNTT.com,- Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena dipilih oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada NTT 2024. Hal ini disampaikan oleh dewan pimpinan pusat Partai Gerindra di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (22/7/2024).

Lantas, bagaimana perjalanan hidup Emanuel Melkiades Laka Lena yang akan maju dalam Pilgub NTT 2024? Berikut ini profilnya dilansir dari Beritasatu.com.

Bacaan Lainnya

Profil Emanuel Melkiades Laka Lena

Emanuel Melkiades Laka Lena lahir di Kupang, 10 Desember 1976. Ia merupakan seorang politikus yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar NTT. Melki dikenal sebagai sosok politisi yang berpengalaman dan memiliki visi yang jelas untuk membangun NTT.

Riwayat Pendidikan Emanuel Melkiades Laka Lena

Melki memulai pendidikan formalnya di SDK Don Bosco 3 Kupang pada 1983-1989. Setelah lulus SD, ia melanjutkan pendidikan di SMP Seminari Pius XII Kisol Manggarai Timur pada 1989, namun lulus dari SMPK Frateran Ndao, Kabupaten Ende pada 1992.

Ketertarikan Melki pada dunia farmasi membuatnya mengambil langkah untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Farmasi Kupang. Setelah lulus SMA, melanjutkan jenjang S-1 dengan mengambil jurusan farmasi, di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta dan lulus pada 2001. Tidak berhenti sampai di situ, Melki melanjutkan pendidikan profesi farmasi di universitas yang sama dan lulus pada 2002.

Jejak Karier Emanuel Melkiades Laka Lena

Meskipun memiliki latar belakang pendidikan farmasi, tetapi karier Melki lebih banyak di luar dunia tersebut. Ia tercatat pernah menjadi konsultan di Puri Consulting Energy pada 2005-2010. Melki juga pernah menjadi tim khusus menteri energi dan sumber daya mineral pada 2005-2009.

Kedekatan Melki dengan dunia politik dimulai saat dirinya dipercaya sebagai tim ahli ketua fraksi Partai Golkar DPR pada 2012-2013. Karier politik Melki pun mulai menanjak, pada 2014 ia dipercaya sebagai staf khusus ketua DPR.

Waktu terus bergulir, peran Melki khususnya di Partai Golkar makin besar. Pada 2016-2019 ia menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal DPP Partai Golkar bidang pemenangan pemilu Nusa Tenggara dan Bali.

Hingga saat ini Emanuel Melkiades Laka Lena memegang jabatan sebagai ketua DPD Partai Golkar NTT sekaligus wakil ketua Komisi IX DPR.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *