Bupati Kupang Harap Hasil Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Hasilkan Pemilu Berkualitas 

Komisioner KPU Kabupaten Kupang dan Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang foto bersama Bupati Kupang serta jajaran Forkopimda usai upacara pembukaan.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kupang resmi membuka secara resmi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara tingkat kabupaten pada pemilu tahun 2024, Kamis (29/2/2024) pagi di Aula GMIT Elim Naibonat, Kecamatan Kupang Timur.

Upacara pembukaan Rapat pleno terbuka ini dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Kupang Nichson Manggoa, bersama dengan Klemens Lega Laot sebagai Anggota Divisi Perecanaan, Data dan Informasi, Samsul Gole sebagai Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan, Inestha Chrisane Arianti Louk sebagai Anggota Divisi Parmas dan SDM, Polce Roby Toby Dethan sebagai Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan, serta didampingi oleh Sekretaris KPUD Kabupaten Kupang, Banla Yuan Permata Kinanggi.

Bacaan Lainnya

Rapat Pleno ini dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kupang yang akan melaporkan hasil pemutahiran di wilayahnya masing-masing.

Pada sambutannya Ketua KPU Kabupaten Kupang, Nichson Manggoa yang sekaligus membuka rapat pleno terbuka tingkat kabupaten mengatakan rekapitulasi tingkat kabupaten ini adalah proses penghitungan atau penjumlahan hasil dari rekapitulasi dari masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat Kecamatan.

Menurutnya, rekapitulasi hasil dari tingkat Kecamatan yang nantinya di tingkat kabupaten akan menjumlahkan hasil dari kecamatan dengan perolehan suara baik caleg parpol, calon DPD, dan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

Dirinya mengharapkan rapat pleno terbuka ini berjalan dengan baik, lancar, dan transparan. Kolaborasi bersama TNI dan Polri untuk tetap menjaga keamanan agar rapat pleno terbuka tingkat kabupaten ini berjalan dengan lancar dan untuk para caleg dan saksi, untuk menghormati pilihan masyarakat karena yang memilih.

Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutannya mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Kupang hingga pada puncak pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2024 tingkat Kabupaten Kupang ini.

Selanjutnya, apa yang akan menjadi dinamika dalam rapat pleno nanti kiranya membuahkan hasil yang baik bagi pembangunan daerah Kabupaten Kupang kedepan. Karena tentu dalam pleno nantinya, semua partai politik dan caleg sudah menyiapkan saksinya masing-masing.

Bupati Kupang juga memberikan pesan untuk menjaga suara rakyat yang sudah menentukan pilihannya, dengan memastikan perhitungan sudah pasti mulai dari tingkat TPS, Kecamatan hingga bermuara pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi tingkat Kabupaten Kupang ini.

Korinus juga menyampaikan bahwa jika ada perbedaan suara dan lain sebagainya maka pleno terbuka tingkat kabupaten ini tempatnya untuk menyelesaikan segala politik tanpa mencurangi satu dan lainnya. Pemerintah daerah, mendukung semua proses itu. Mari bersama kawal komitmen ini sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2024 ini rencananya akan digelar selama tiga hari. Usai upacara pembukaan ini, langsung akan dilanjutkan dengan proses pleno per kecamatan.

Turut hadir pada upacara pembukaan ini Bupati Kupang sekaligus memberikan sambutan, perwakilan KPU Provinsi NTT, Kapolres Kupang, Dandim 1604 Kupang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang bersama anggota, jajaran staf KPU Kabupaten Kupang, saksi parpol serta caleg, PPK dan KPPS.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *