Target RPJMD Bupati Kupang, Ruas Jalan Poros Tengah Amarasi – Bileno Tuntas 2024

Korinus Masneno

Amarasi-InfoNTT.com,- Bupati Kupang, Korinus Masneno, menargetkan RPJMD 5 tahun Paket Komitmen untuk infrastruktur jalan tuntas di tahun 2024. Salah satu ruas jalan yakni Poros Tengah Selatan mulai dari Amarasi Barat hingga Bileno dan Reknamo.

Bupati Kupang mengatakan bahwa saat ini telah selesai dikerjakan lapen dari Buraen hingga ke Merbaun dengan total 9 kilometer. Jembatan yang ada di titik ini dengan bantuan pusat akan dikerjakan dengan nominal anggaran 5 miliar.

Bacaan Lainnya

Menurut Bupati Kupang, anggaran 5 miliar untuk jembatan ini didapatkan dari dana pusat karena laporan keuangan Pemkab Kupang tercepat jadi dapat bonus uang. Jadi poros tengah Amarasi ini akan dimulai dari Baun menuju Merbaun, Sahraen, Retraen, Buraen, Nekmese, Tesbatan, lalu naik dari cabang dekat Masjid Tesbatan ke arah Bileno, dan ke Reknamo. Ruas jalan ini bertemu di pertigaan jalan Timor Raya.

Selanjutnya setiap tahun akan ditambah 3 kilometer untuk ruas jalan Oesao ke Oemolo. Saat ini sudah dikerjakan beberapa kilometer hingga ke Desa Kuanheum. Tahun depan akan dilanjutkan perlahan lahan hingga ke Oemolo.

Target ini dipastikan tercapai karena sudah menjadi RPJMD lima tahun yang harus selesai di 2024. Yang mana infrastruktur jalan Paket Komitmen akan tercapai bahkan melebihi target.

Saat ini kekurangan untuk infrastruktur jalur selatan Amarasi hanya pada poros bagian lingkar selatan yang merupakan jalan strategis Nasional yang sampai saat ini belum dikerjakan yakni Sabuk Merah Timor dari Sumlili ke Nekamese dan akan berlanjut ke Amarasi Timur di Oemoro. Ruas jalan ini akan sambung ke jalur lingkar Selatan pulau Timor yakni ke arah Malaka.

Kabupaten Kupang Sambut PON 2028

Pemerintah Kabupaten Kupang akan mendapatkan sokongan dana pusat untuk mengerjakan beberapa infrastruktur bangunan dalam rangka persiapan PON 2028. Namun kendala ada pada pengusaha atau kontraktor lokal yang tidak memiliki spesifikasi gedung.

Menurut Bupati Kupang, ke depan akan ada pembangunan asrama atlet dan juga stadion utama yang berstandar nasional. Tentu Pemkab Kupang akan mengusulkan pihak ketiga yang mengerjakan proyek ini harus didatangkan dari luar sehingga tidak mempersulit dalam penyelesaian bangunan yang memiliki spesifikasi khusus.

Sedangkan untuk persiapan awal saat ini sudah dikerjakan infrastruktur jalan untuk tiga segmen di Desa Penfui Timur tembus ke Baumata dan Tarus. Lalu ruas jalan ke GOR Komitmen pun sudah dikerjakan. Tahap selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *