Rutan Kelas IIB Soe Hijaukan Lingkungan Kantin dengan Tanaman Produktif 

Soe-InfoNTT.com,- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB SoE memanfaatkan lahan tidur yang ada di lingkungan kantor yang selama ini tidak terpakai dijadikan lahan perkebunan produktif yang ditanami dengan berbagai jenis sayuran.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Rutan, Nixon G. L. Osingmahi, Selasa (25/7/2023) siang di halaman Rutan kelas IIB Soe.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya merupakan lahan kosong yang penuh bebatuan, kemudian kami memiliki ide untuk mengubahnya menjadi lahan perkebunan yang produktif,” ujar Nixon menjelaskan.

Lanjut Nixon menjelaskan proses tersebut melibatkan Warga Binaan yang sudah berasimilasi di luar tembok rutan. Ia juga menjelaskan kegiatan yang melibatkan warga binaan tersebut sebagai salah satu program pembinaan kemandirian warga binaan yang ada di Rutan Soe.

“Warga binaan yang sudah asimilasi di luar tembok rutan, selain membersihkan halaman dan lingkungan kantor, kami juga melibatkan mereka dalam kegiatan ini, dimana ini merupakan salah satu program pembinaan bagi warga binaan,” tambah Nixon.

Lebih lanjut Nixon mengatakan selain untuk program pembinaan, warga binaan juga diharapkan mengikuti setiap proses pembinaan dengan baik agar dapat menjadi bekal ketika mereka bebas kelak. Ia juga menambahkan semua sayuran hasil pertanian tersebut akan dinikmati oleh seluruh warga binaan sebagai menu penambah gizi.

“Di samping membuat kantor lebih bersih dan indah, ini juga menjadi bekal bagi warga binaan, untuk lahan pertaniannya sendiri ada di halaman depan dan halaman belakang kantor,” tandasnya.

Laporan: Welem Leba 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *