Menakar Tahun Keempat Perjalanan Program Revolusi 5P Paket Komitmen 

Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe

Oelamasi-InfoNTT.com,- Tahun 2023 ini masyarakat Kabupaten Kupang diingatkan dengan visi dari Bupati Kupang, Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe. Yang mana visinya adalah “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Kupang yang Maju, Mandiri dan Sejahtera, Beriman, Berlandaskan Karakter Budaya Bangsa pada Tahun 2023”. Lalu bagaimana dengan pencapaian program Revolusi 5P pada perjalanan tahun keempat paket KOMITMEN?

Sejak dilantik Korinus Masneno dan Jerry Manafe kita ketahui bahwa terus menggenjot pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) melalui OPD di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) untuk meningkatkan kinerjanya terkait berbagai program dari visi dan misinya salah satunya Revolusi 5P.

Bacaan Lainnya

Pemkab Kupang bahkan menargetkan, tahun 2023 harus jadi daerah inovatif. Beberapa kali Bupati dan Wakil Bupati Kupang turun langsung ke lapangan sembari memberi asupan bagi OPDnya dengan menanam anakan serta berdayakan berbagai kelompok baik perikanan maupun pertanian di desa.

Sedikit flashback, Pemerintah Kabupaten Kupang dibawa kendali Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe dalam kepemimpinannya mencanangkan Program Revolusi 5P (Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Pariwisata).

Revolusi 5P ini menjadi senjata ampuh dalam kampanye dan berhasil menjadi pemenang dalam pertarungan demokrasi 2018 lalu. 5P yang digagas sempurna ini diharapkan merubah wajah Kabupaten Kupang lima tahun kepemimpinan dalam rentang waktu 2019 hingga 2024.

Kini perlahan mulai nampak. Capaian program unggulan ini ibarat bekerja dalam diam, Revolusi 5P kini terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Kupang. Bidang Pertanian, dengan topografi Kabupaten Kupang yang sebagiannya berbukit dan sedikit daerah landai maka air hujan akan langsung mengalir ke laut jika terjadi hujan, namun tetap dikerjakan dengan pola strategi yang dikemas secara baik oleh Pemkab Kupang.

Bupati Kupang Korinus Masneno juga yakin bahwa 2023 menjadi tahun kebangkitan bagi Kabupaten Kupang, setelah dalam 3 tahun terakhir dilanda pandemi Covid-19. Revolusi 5P merupakan program yang bertumpu pada ekonomi Kerakyatan.

Bupati Korinus Masneno juga menjelaskan, ada 5 skala pokok membangun ekonomi di kabupaten Kupang yaitu membangun dengan apa yang dimiliki dan dikerjakan masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi. Harus dipahami, sumber daya di Kabupaten Kupang memiliki sumber daya yang lengkap dan indah bagi masyarakat.

“Mari mulai dari apa yang belum dimulai orang lain dalam rangka memberi arti bagi masyarakat Kabupaten Kupang untuk memahami laut dan segala isinya merupakan berkat bagi kita semua dan harus dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe juga optimis bahwa kebangkitan Kabupaten Kupang akan diwujudkan dengan kebangkitan ekonomi yang ditandai dengan menurunnya jumlah penduduk miskin dan kasus stunting.

Guna mewujudkan kebangkitan Kabupaten Kupang, Pemkab Kupang mendorong agar mengoptimalkan bidang-bidang esensial dalam program Revolusi 5P yakni pertanian, peternakan, perikanan, perkebunanan dan pariwisata.

Revolusi 5P adalah satu-satunya metode yang mampu mengembalikan momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kupang. Tahun 2023 ini akan ada berbagai kebijakan Pemerintah Pusat yang mungkin merumahkan sekian banyak tenaga kontrak, di mana kebijakan ini sangat bertentangan dengan kebijakan Pemkab Kupang namun harus tetap dipatuhi.

Revolusi 5P juga menjadi sektor andalan Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Kupang karena sektor-sektor itu menjadi penunjang pendapatan anggaran desa (PADes). Sektor pertanian dan peternakan di desa juga dilakukan sinergitas dengan program Pemkab Kupang karena merupakan potensi asli yang dimiliki desa.

Artinya bahwa jika strategi Pemkab Kupang dan pemerintah desa berhasil maka dari potensi itu menjadi yang tertinggi dan semakin meningkat dari tahun sebelumnya, serta peningkatan PADes akan menunjukan bahwa angka peningkatan kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi benar-benar terwujud.

Revolusi 5P bukanlah sembarang program yang digagas secara ilegal. Namun progran ini sudah digali secara matang dan dibuang ke masyarakat dengan ditindaklanjuti kerja nyata yang progresnya terus meningkat hingga tahun keempat. Revolusi 5P diwajibkan membawa dampak optimal pada tahun 2023 ini, agar bisa menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang. Agar nilai dari 5P nampak dari kesejahteraan masyarakat.

Jika masyarakat Kabupaten Kupang sedikit melihat ke Kecamatan Amarasi Selatan, stunting masih cukup banyak padahal daerahnya lumayan makmur dan memiliki potensi yang cukup banyak. Namun dengan hadirnya Nono sang juara dunia Abacus, menunjukan banyak anak-anak Kabupaten Kupang yang pintar. Namun terlambat membuat kompetisi yang dapat mengangkat wilayah kabupaten Kupang dari kesejahteraan.

Kita menunggu sejauh mana eksekusi program Revolusi 5P hingga penghujung tahun 2023. Yang pasti, Pemkab Kupang akan terus melakukan evaluasi sistem dalam on progres 5P serta melakukan perbaikan atas kelemahan yang ada. Hal ini penting dan menjadi salah satu pekerjaan yang harus dituntaskan.

Untuk mencapai seluruh target Paket Komitmen hingga lima tahun, Bupati Korinus Masneno dan Wabup Jerry Manafe dituntut serius dan konsisten mewujudkannya

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam setiap kesempatan juga berpesan sembari mengingatkan bahwa alam dan segala isinya merupakan berkat yang harus dimanfaatkan.(*)

Penulis: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *