Jerry Manafe Lantik Badan Pengurus PORDASI Kabupaten Rote Ndao

Ketua Pordasi Provinsi NTT foto bersama Bupati Rote Ndao usai pelantikan Badan Pengurus PORDASI Kabupaten Rote Ndao.

Rote Ndao – InfoNTT.Com,- Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi NTT, Jerry Manafe, SH.,M.Th, resmi melantik Badan Pengurus Pordasi Kabupaten Rote Ndao, Rabu (14/12/2022) siang.

Ketua Umum Pordasi Provinsi NTT, Jerry Manafe pada kesempatan tersebut mengucapkan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Rote Ndao yang telah menjembatani lahir dan terbentuknya Pengurus Daerah Pordasi, baik itu eksekutif maupun legislatif.

Bacaan Lainnya

“Saya sangat bangga, karena di Kabupaten Rote Ndao badan pengurusnya resmi terbentuk Organisasi Pordasi dengan masa jabat 2022-2026. Saya berharap agar di daerah tetap mengikuti arah main dari Porfas NTT,” ujarnya.

Jerry Manafe menambahkan, olahraga berkuda merupakan salah satu olahraga yang melatih ketangkasan supaya selaras dan serasi, dan bisa meningkatkan konsentrasi tinggi untuk menjiwai tunggangan kudanya, sehingga bisa menghasilkan kecepatan dan ketepatan arah sasaran.

“Semoga Pordasi bisa mengangkat nama baik Kabupaten Rote Ndoa. Pordasi akan mendukung program Pariwisata Daerah dan juga UMKM. Saya juga berharap agar dalam melangsungkan event, harus kedepankan sportifitas setiap peserta agar lomba pacuan kuda terus diminati dan berkembang di Rote Ndao,” ungkapnya.

Jerry Manafe juga akan menindaklanjuti salah satu budaya berkuda di Rote Ndao yakni lomba Hus Kuda yaitu atraksi berkuda atau semacam tarian berkuda.

Hus kuda adalah sebuah atraksi budaya berkuda masyarakat Kabupaten Rote Ndao, berupa atraksi pawai kuda berhias sekaligus perlombaan ketangkasan berkuda, serta makan dan menari bersama yang diikuti oleh pemilik kuda.  Namun demikian, Hus Kuda bukanlah pacuan kuda.

Hus Kuda sebenarnya merupakan upacara pertanian yang dilakukan para leluhur untuk menyatakan rasa syukur atas hasil pertanian yang berlimpah. Karena itu, upacara Hus kuda biasanya dilangsungkan dalam suasana yang riang gembira.

“Kita akan pikirkan agar bukan saja di tingkat kecamatan tali juga di tingkat kabupaten kita selenggarakan lomba Hus Kuda,” tandasnya.

 

Laporan: Chris Bani 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *