Sosialiasi Empat Pilar di Malaka, Melki Laka Lena : Semua Sama di Mata Hukum

Malaka-InfoNTT.com,- Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena melakukan kegiatan Sosialisasi Empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) secara virtual bersama masyarakat desa Lakekun Barat, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Rabu (19/5/2021).

Dalam sosialisasi ini Melki Laka Lena mengatakan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semua orang sama di mata hukum. Menurutnya, sila kelima Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia memiliki arti, bahwa prinsip keadilan sangat dijunjung tinggi di negara Indonesia dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, terutama hukum.

Bacaan Lainnya

“Dalam UUD 1945, pemerintah dan masyarakat dihadapan hukum itu sama, tanpa pandang bulu dan tebang pilih. Masyarakat jangan berpresepsi bahwa pemerintah dan masyarakat berbeda karena dalam nilai-nilai empat pilar bangsa sudah tertulis jelas kita semua sama di mata hukum,” jelas Melki Laka Lena saat menanggapi pertanyaan dari peserta soal penerapan hukum.

Sedangkan saat menanggapi pertanyaan dari peserta terkait banyak pihak yang ingin mengubah ideologi negara dan kelompok separtis di Papua, Ketua DPD I Partai Golkar NTT ini menjelaskan, pilar ketiga bangsa ini adalah NKRI, berarti menurutnya kesatuan bangsa dalam wadah negara RI adalah harga mati. Apapun permasalahan bangsa, persatuan dan kesatuan harus tetap dipertahankan sampai kapanpun.

Tetapi untuk menghadapi masalah di Papua, menurut Melki, pendekatan yang digunakan janganlah menggunkan pendekatan keamanan tapi harus menggunakan pendekatan kesejahteraan.

“Persoalan di Papua sudah kurang lebih 50 tahun sehingga mengatasi masalah ini perlu pendekatan tokoh – tokoh penting, baik itu pemerintah setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang terpenting jangan menggunakan pendekatan keamanan. Kita harus menggunakan pendekatan kesejahteraan dengan menperhatikan kesejahteraan kehidupan masyarakat setempat agar lebih sejahtera,” jelas Melki.

Sementara kepala desa Lakekun Barat, Luan Martinus dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi ini, mengucapkan rasa terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena yang sudah melakukan sosialisasi empat pilar bangsa ini karena dengan adanya kegiatan tersebut mengingatkan kembali masyarakat akan nilai – nilai luhur bangsa.

“Dengan adanya sosialisasi empat pilar ini, kami masyarakat itu bisa mengerti nilai – nilai yang terkandung dalam empat pilar ini diantarnya lebih memahami budaya, keakraban dalam kehidupan berbumahtangga, berbangsa dan bernegara, kehidupan yang beradat dan berbudaya, karena masyarakat ini terdiri dari berbagai macam golongan suku di desa ini,” jelas Martinus.

Dalam kesempatan ini, Martinus juga meminta perhatian dari Wakil Ketua Komisi IX DPR ini untuk membantu pengairan atau irigasi sawah masyarakat di desa Lakekun Barat, yang saat ini mengalami bencana kekeringan akibat jebolnya bendungan Benanain. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *