Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dan Pj Bupati Kupang Hadiri Groundbreaking RSP Amfoang

Tarian penyambutan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI bersama Penjabat Bupati Kupang, Ketua DPRD Kabupaten Kupang beserta tamu undangan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Amfoang di Fatunaus, Amfoang Utara.

Amfoang-InfoNTT.com,- Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba bersama Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Amfoang di Desa Fatunaus, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, NTT, Senin (29/7/2024) pagi.

Pembangunan Rumah Sakit Kelas Pratama Amfoang yang akan memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat untuk peningkatan akses bagi masyarakat pada daerah terpencil ini menelan anggaran 42 miliar rupiah yang dialokasikan dari DAK dan dikerjakan oleh PT. Gelora Megah Sejahtera.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Yoel Midel Laitabun dalam sekapur sirinya mengatakan peletakan batu pertama Rumah Sakit Pratama Amfoang ini merupakan buah perjuangan yang panjang. Tentu rumah sakit ini ada begitu banyak dukungan dari berbagai pihak sehingga membuahkan hasil.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Kupang khususnya masyarakat Amfoang mengucapkan terima kasih kepada bapak Melki Laka Lena yang telah perjuangkan Rumah Sakit Pratama Amfoang ini hingga akhir bisa mulai dibangun. Selanjutnya kiranya kedepan tenaga dokter dan tenaga medis bisa juga dibantu agar pelayanan rumah sakit ini berjalan dengan baik,” pesannya.

Ia menambahkan, ini merupakan sejarah bagi masyarakat Amfoang. Terima kasih atas proaktif dari Penjabat Bupati Kupang yang telah bersedia turun ke lapangan menyikapi berbagai persoalan dan mendukung Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang sehingga pekerjaan pembangunan ini bisa dimulai.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjuangan Rumah Sakit Pratama Amfoang ini dibahas pertama kali pada 7 November 2020 saat kegiatan vaksinasi di Amfoang Selatan.

Menurut Melki Laka Lena, dukungan Pemerintah Kabupaten Kupang dan tokoh adat di Amfoang juga menjadi bagian terpenting dalam perjuangan pembangunan Rumah Sakit Pratama ini. Karena rumah sakit sejatinya bukan saja soal kesehatan, tapi menjadi kebanggaan bagi masyarakat karena Amfoang akan memiliki rumah sakit terbaik di Kabupaten Kupang.

“Dengan adanya RSP Amfoang ini maka akan ada pertumbuhan dan perputaran ekonomi yang signifikan di Amfoang,” ujarnya.

Calon Gubernur NTT ini juga akan memperjuangkan perbaikan dan pembangunan puskesmas dan pustu di desa-desa. Ini program nasional dengan anggaran yang cukup besar. Akan diperjuangkan semaksimal mungkin demi masyarakat.

Melki Laka Lena juga mengatakan, selanjutnya akan datang Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono di NTT dan akan bertemu dengan Penjabat Bupati Kupang. Artinya seluruh usulan dari Kabupaten Kupang akan diperjuangkan agar Kabupaten Kupang cepat bergerak maju terlebih wilayah Amfoang.

Sedangkan Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena yang membidangi kesehatan yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Kupang.

Pj Bupati Kupang menjelaskan, kehadiran Wakil Ketua Komisi IX DPR RI di Amfoang sebagai bukti konkrit kerja legislatif pusat untuk melihat kondisi masyarakat. Selanjutnya dengan kehadiran RSP Amfoang akan menjadi awal dari cita-cita besar Amfoang kedepan lebih maju.

Atas nama masyarakat Kabupaten Kupang khususnya Amfoang, Alexon Lumba berharap kiranya Komisi IX DPR RI juga membantu dalam hal sarana dan prasarana serta tenaga medis kedepan.

“Sekali lagi terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Komisi IX DPR RI. Terima kasih juga kepada seluruh orang tua yang sudah dengan tulus menyerahkan tanah ini. Mari kita jaga bersama-sama. Selain itu, saya berharap kontraktor pelaksana juga bekerja sesuai dengan harapan masyarakat Amfoang,” ujarnya.

Alexon Lumba juga meminta perhatian lebih kepada Melki Laka Lena terkait kebutuhan di bidang kesehatan di wilayah lain di Kabupaten Kupang. Hal ini dikarenakan Kabupaten Kupang cukup luas dengan kondisi geografis yang sukit

Penjabat Bupati Kupang juga mengatakan bahwa dalam perjalanan ke Amfoang Utara, dirinya bersama Melki Laka Lena juga turun melihat langsung kondisi jembatan Termanu. Yang mana Pemkab Kupang melalui Dinas PUPR akan segera menghitung biaya jembatan tersebut untuk selanjutnya diperjuangkan.

  • Garis Besar Perjuangan RSP Amfoang 

Kehadiran RS Pratama di wilayah Amfoang ini merupakan perjuangan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena. RSP Amfoang merupakan satu dari tiga Rumah Sakit Pratama yang diperjuangkan Melki Laka Lena untuk NTT.

Rumah Sakit Pratama yang diperjuangkan oleh Melki Laka Lena adalah RSP di Solor Flores Timur, RSP Riung di Kabupaten Ngada dan RSP Amfoang di Kabupaten Kupang. Tiga RS Pratama ini diputuskan dan disepakati dengan baik antara Kemenkes RI dan Komisi IX DPR RI hasil masukan dari Fraksi Partai Golkar dan juga Partai Golkar secara institusi.

Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Amfoang ini dihadiri juga dihadiri oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang, Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kupang, Anggota DPRD Kabupaten Kupang, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang, Wakil Bupati Kupang periode 2019-2023 Jerry Manafe, Direktur RSUD Naibonat, Kepala Cabang Bank NTT Oelamasi, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kupang, kepala puskesmas se Kabupaten Kupang, para Camat Amfoang Raya, Danramil 03/Naikliu, Kapolsek Amfoang Utara, Ketua Klasis Amfoang Utara, kepala desa se Kecamatan Amfoang Raya, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan masyarakat Amfoang.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *