TNI Menjadi Afirmasi Pembangunan Konkrit di Kabupaten Kupang 

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pangdam IX/Udayana meresmikan sumur bor di Desa Oefafi, kecamatan Kupang Timur, didampingi Pj. Bupati Alexon Lumba, Dandim 1604/Kupang kolonel Inf.Wiwit Jalu Wibowo, para perwira TNI dan Polri, Jumat (7/6/2024) siang.

Peresmian ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian Amin Juariah, dan Plt. Camat Kupang Timur Isakh Lubalu, usai penutupan TMMD dan peninjauan lokasi sasaran fisik TMMD di Kupang Barat.

Bacaan Lainnya

Pangdam IX/Udayana, Bambang Trisnohadi dalam sambutannya saat meresmikan sumur bor tersebut, menyatakan rasa syukur dan memberikan apresiasi atas terwujudnya pembangunan sumur bor di Desa Oefafi.

Menurut Bambang Trisnohadi, pembangunan sumur bor di Desa Oefafi diharapkan akan menjadi solusi bagi warga dalam memaksimalkan pengairan lahan pertanian. Jika sebelumnya, pertanian di Oefafi dilakukan dengan sistem tadah hujan, dan sekali tanam dalam setahun, maka dengan pembuatan sumur bor ini, diharapkan penanaman bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam setahun.

“Keberlanjutan sumur bor ini memberikan manfaat dalam jangka panjang. Untuk itu, diperlukan partisipasi aktif seluruh masyarakat dalam merawat secara baik, dan menggunakannya sesuai kebutuhan,” terang Bambang.

Sementara Penjabat Bupati Alexon Lumba dalam sambutannya mengatakan kehadiran TNI masih merupakan salah satu afirmasi pembangunan yang paling efektif di Kabupaten Kupang.

“Atas nama Pemerintah, saya sampaikan terima kasih kepada bapak Pangdam IX/Udayana, Komandan Korem 161 Wirasakti, Dandim 1604/Kupang dan seluruh jajaran, Kementerian Pertanian serta seluruh masyarakat desa Oefafi, atas kerja keras dan dukungan yang diberikan dalam menyukseskan kegiatan pembangunan jaringan irigasi air dalam atau sumur bor ini. Dengan harapan, hasil pembangunan yang telah dihadirkan, dapat dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Alexon.

Dijelaskan Alexon Lumba, pembangunan jaringan irigasi air tanah dalam, berupa pembangunan sumur bor bagi masyarakat Oefafi merupakan bentuk kerjasama Kementerian Pertanian dengan TNI dalam membantu masyarakat mengantisipasi masyarakat darurat pangan, juga pendampingan kepada masyarakat untuk mengatasi kekeringan melalui pompanisasi serta jaringan irigasi perpipaan.

Lanjutnya, dengan adanya sumur bor ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh air bersih, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *