Penjabat Bupati Kupang Tanam Pohon Peringati Hari Perumahan Nasional Tahun 2024

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba bersama Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kupang Toncy Teuf.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (HAPERNAS ) Tahun 2024, Bupati Kupang Alexon Lumba melakukan penanaman anakan pohon di Perumahan Khusus Bantuan Presiden untuk para Pejuang ex Timor-timur, di Desa Kiumasi, Kecamatan Fatuleu, Minggu (18/8) siang.

Penanaman anakan pohon tersebut juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dan terhubung secara daring dengan Kementerian PUPR di IKN Nusantara, Ibukota baru RI.

Bacaan Lainnya

Alexon Lumba dalam sambutannya saat kegiatan tersebut mengatakan, dewasa ini program-program pembangunan di seluruh Indonesia dituntut untuk berdampak positif bagi kelestarian lingkungan, karena secara global masyarakat semakin cemas dengan perubahan iklim yang terjadi dan sudah berdampak di Indonesia, seperti anomali cuaca banjir, kekeringan, dan badai, yang semakin tinggi intensitasnya.

Kabupaten Kupang sendiri juga sudah merasakan dampaknya yaitu masalah kekeringan berkepanjangan, yang menyebabkan petani kesusahan mengolah lahan pertanian.

Oleh karena itu dilanjutkan Alexon Lumba, melalui peringatan HAPERNAS Tahun 2024 yang mengambil tagline Rumah Asri, Keluarga Sehat, Pandemi Lewat, masyarakat di seluruh Kabupaten Kupang, termasuk masyarakat yang nanti mendiami Perumahan Khusus Bantuan Presiden untuk Pejuang ex Timor-timur tersebut, diharapkan menanam pohon produktif disekitar hunian mereka, yang akan menghasilkan sekaligus berfungsi sebagai peneduh dan penampung air tanah.

“Di beberapa daerah suhu udara kian menyegat dan mengubah perilaku petani bercocok tanam. Gelombang laut semakin tinggi sehingga nelayan takut melaut. Pemukiman di pesisir juga mulai terendam akibat kenaikan air laut. Perubahan penggunaan lahan menjadi pemukiman dan lahan pertanian juga menyebabkan air hujan tidak langsung meresap dan lahan hijau semakin berkurang. Oleh karena itu penanaman ini diharapkan dapat membantu konservasi lingkungan secara kecil, dan kepada kita semua harus juga melakukan penanaman di pekarangan rumah kita, hingga meluas ke seluruh wilayah Kabupaten Kupang”, ujar Alexon Lumba.

Alexon Lumba juga tak lupa berterima kasih kepada Presiden RI dan Direktorat Jendral Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Balai Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara II, yang memberikan bantuan 2.100 rumah kepada Pejuang ex Timor-timur, yang diyakininya akan membantu Pemerintah Kabupaten Kupang menyelesaikan masalah relokasi penduduk baru eks Timor-Timur di Kabupaten Kupang.

Pj.Bupati Kupang juga berkesempatan untuk berdialog bersama Dirjen Perumahan pada Kementrian PUPR Iwan Suprijanto, yang berada di IKN Nusantara secara online.

Di mana pada kesempatan tersebut, Pj Bupati secara khusus meminta kepada Kementrian PUPR untuk kembali menyalurkan bantuan perumahan stimulan swadaya di Kabupaten Kupang, yang sangat dibutuhkan masyarakat Kabupaten Kupang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Rumah Khusus Kementrian PUPR yang diwakili Kasubdit Wilayah II Rini, Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Nusa Tenggara II Yublina Dila Bunga, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT Maksi Nenabu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kupang Teldi Sanam, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kupang Tonci Teuf, Camat Fatuleu Hendra Mooy, Perwakilan Kapolres Kupang Feri Natu , dan Warga calon penghuni rumah bantuan khusus Presiden kepada pejuang ex Timor-Timur.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *