Kehadiran PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Tambah PAD Pemerintah Kabupaten Kupang 

Penjabat Bupati Kupang saat berkunjung ke PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Unit Hatchery Indonesia, di Desa Oefafi, Kecamtan Kupang Timur

Oelamasi-InfoNTT.com,- Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba mengunjungi tempat usaha PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Unit Hatchery Indonesia, di Desa Oefafi, Kecamtan Kupang Timur, Jumat (06/7) siang.

Dalam kunjungan silahturahmi ke salah satu investor perusahaan peternakan terbesar yang ada di NTT tersebut, didapati banyak hal positif, antara lain kehadiran PT. Charoen Pokphan tentu saja akan meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Kupang dan juga membantu Pemerintah Kabupaten Kupang memberantas stunting dari Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Alexon Lumba dalam kesempatan tersebut memberi apresiasi kepada PT. Charoen Pokphand atas kinerja dan fasilitas mereka di lingkungan tempat usaha di Desa Oefafi, yang sudah berstandar Negara maju.

Ia tentu berharap kehadiran salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia tersebut membawa banyak dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Kupang, terutama masyarakat di seputaran daerah usaha PT. Charoen Pokphand.

Alexon Lumba juga meminta PT. Charoen Pokhpand selalu menyediakan pelaporan yang diperlukan untuk diberikan kepada Pemerintah sebagai kewajiban mereka melakukan usaha di daerah Kabupaten Kupang.

“Setelah berkeliling dan mendengar penjelasan-penjelasan, saya yakin banyak manfaat yang bisa diberikan PT. Charoen Pokphan kepada masyarakat Kabupaten Kupang terutama masyarakat sekitar. Nanti ada data yang kita minta, itu semata-mata untuk pelaporan hingga ke tingkat pusat salah satunya mengetahui tingkat inflasi yang dipengaruhi harga daging ayam dan telur yang adalah bidang usaha PT. Charoen Pokphan di Kabupaten Kupang”, ujar Alexon Lumba.

Setelah mendengar penjelasan dari pihak PT. Charoen Pokphan yang telah sering membantu masyarakat Kabupaten Kupang seperti membagikan telur kepada masyarakat, Alexon Lumba meminta aksi sosial dilaksansanakan PT. Charoen Pokhpan tersebut melibatkan Pemerintah Kabupaten Kupang, agar bantuan dari CSR lebih terorganisir dan tepat sasaran.

Selain itu pelaporan keuangan mengenai modal dan pendapatan PT. Charoen Pokphan di Kabupten Kupang, juga diminta oleh Pj. Bupati Kupang sebagai bahan data yang berkaitan dengan perijinan dan kontribusi PT. Chatoen Pokphan kepada Kabupaten Kupang.

“Kegiatan bagi-bagi telur dan mungkin daging ayam itu nanti libatkan Pemerintah Kabupaten Kupang, agar bantuan yang berjumlah besar itu bisa terorganisir dan dinikmati semua masyarakt. Juga agar kita bisa alokasi ke daerah-daerah yang jumlah stuntingnya tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan gizi keluarga dan berujung pada penurunan stunting. Laporan-laporan yang intinya berapa modal, pemasukan, pengeluaran sebagai bahan untuk menghitung pajak kepada daerah juga harus dimasukan, serta tentunya laporan tentang amdal yang harus dilengkapi”, tegas Alexon Lumba.

Sementara itu Humas PT. Charoen Pokphan Antonius Lindi Jawa melaporkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan diseputaran lingkungan usaha, antara lain peternakan ayam, bibit ayam (DOC), dan usaha petelur, yang standarisasinya sudah standar internasional.

Karyawan yang bekerja juga sudah melibatkan warga lokal, bahkan PT. Charoen Pokphan juga memberdayakan peternak lokal, dengan menyediakan bagi mereka bibit ayam serta mengedukasi cara membuat kandang ayam yang benar. Selain itu, peternak lokal juga dapat mengembangkan usaha mereka, dan hasil usaha mereka akan dipasarkan PT. Charoen Pokphan.

Perusahaan juga menurut Antonius Lindi Jawa, secara berkala membagikan telur dan daging ayam kepada posyandu-posyandu diseputaran tempat usaha dan Puskesmas Oesao setiap bulannya,

“Terkait dengan peningkatan gizi dan pemberantasan stunting yang kami tahu masih tinggi di Kabupaten Kupang, serta kami memberikan kontribusi kepada Pemerintah Desa Oefafi, Pemerintah Kecamatan Kupang Timur, dan tempat-tempat ibadah yang berada di sekitar lingkungan usaha berupa material-material bangunan,” ungkapnya.

Antonius Lindi Jawa juga berjanji perusahaan akan memasukan data perusahaan mereka kepada Pemerintah agar kontribusi mereka kepada daerah.

Dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati Kupang didampingi Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang Pandapotan Sialagan, Kepala Dinas Perijinan Guntur Subu Taopan, Camat Kupang Timur Ishak Lubalu, serta pihak TNI dan POLRI.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait