Calon Paskibra Tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2024 Resmi Mengikuti Diklat

Penyerahan berita acara kepada pelatih Paskibra Kabupaten Kupang tahun 2024.

Kupang-InfoNTT.com,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di 17 Agustus 2024, Pemerintah Kabupaten Kupang telah memulai Pendidikan dan Latihan (Diklat) bagi para Calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka), yang akan bertugas pada Upacara 17 Agustus 2024 mendatang di Kantor Bupati Kupang, Oelamasi.

Pembukaan Diklat bagi para calon Paskibra dan Penyerahan para calon Paskibra kepada Tim Pelatih, dilaksanakan langsung oleh Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba, Minggu (28/7) di Aula Hotel Ima, Kota Kupang.

Bacaan Lainnya

Alexon Lumba dalam sambutan mengatakan, pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upacara peringatan kemerdekaan republik indonesia. Upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan menjadi tanda ungkapan syukur sebagai anak bangsa atas cucuran darah, keringat dan air mata yang dipersembahkan oleh para pahlawan dalam melawan penjajah.

Menurut Lumba, mengambil bagian menjadi anggota Paskibra adalah panggilan kebangsaan yang langka. Tidak semua orang bisa ada di sini seperti adik-adik untuk menjalankan tugas mulia ini.

“Kalian adalah putra putri terbaik kabupaten kupang, kader pemimpin Bangsa. Ingatlah bahwa nilai yang ditanamkan dalam Paskibraka adalah untuk membangun etika dalam sebuah kebersamaan, kekompakan, kerja sama. dan untuk mewujudkan semua ini, kalian akan ditempa dengan latihan dari pelatih dan pembina. Renungkanlah mengapa Paskibraka terdiri dari pemuda pemudi bukan orang tua, bukan pula anak-anak. Karena di tangan generasi muda berdedikasi tinggi, cerdas dan berakhlak mulialah Indonesia meletakan harapan untuk maju menuju indonesia emas 2045”, jelas Pj Bupati.

Alexon Lumba juga berterimakasih kepada para Tim Pelatih dari unsur TNI/POLRI yang akan melatih tim Paskibra Kabupaten Kupang tahun 2024 ini. Ia berharap, ilmu yang ditularkan kepada para calon Paskibra akan mampu mereka serap secara maksimal, terutama untuk dapat menjalankan tugas mereka pada upacara 17 agustus 2024 nanti.

“Terima kasih atas sumbangsih luhur yang diberikan, saya menitipkan 45 putra putri unggul Kabupaten Kupang ke tangan saudara-saudara. Latih dan bimbinglah mereka, baik secara fisik maupun mental dan spiritual untuk memiliki karakter yang lebih baik. Tanamkan disiplin, bagikan pengalaman yang saudara miliki untuk mensukseskan upacara HUT RI ke-79 nanti”, ujar Alexon Lumba.

Sementara itu dari laporan panitia yang disampaikan Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Kupang Merlin Buraen, diketahui bahwa jumlah Paskibra Kabupaten Kupang tahun 2024 berjumlah 47 orang. Dimana 2 orang masing-masing 1 siswa dan 1 siswi akan bertugas di tingkat Provinsi NTT, sedangkan 45 lainnya yang terdiri dari 23 siswa dan 22 siswi akan bertugas di Kabupaten Kupang. Para calon Paskibra lanjut Merlin Buraen, berasal dari kelas X SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Kupang, sedangkan tim pelatih terdiri dari unsur TNI AD, TNI AU, dan POLRI.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Plt Sekda Kabupaten Kupang Novita Foenay, Danlanud Eltari Djoko Hadipurwanto, Danbrigif 21/Komodo Andi Wibowo, Perwakilan Kapolres Kupang, dan Perwakilan Dandim 1604 Kupang.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *