Alexon Lumba Tanam Anakan Pohon Bayam Kalimantan di Sumber Mata Air Baumata 

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba saat menanam anakan pohon di lokasi sumber mata air Baumata.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba bersama Plt.Dirut PDAM Kabupaten Kupang Oktovianus Tahik, Kepala Dinas PUPR Teldy Sanam, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Guntur Taopan, Camat Taebenu Melkisedek Neno, Kabag Prokopim Beni Selan, berkunjung ke lokasi sumber mata air Baumata, dalam rangka melakukan penanaman pohon berumur panjang, yaitu jenis pohon bayam kalimantan, Jumat (27/9/2024) siang.

Kegiatan menanam pohon berumur panjang ini, tujuannya untuk mempertahankan mata air terus mengalir di musim kemarau.

Bacaan Lainnya

Alexon Lumba yang saat itu melihat langsung aliran air dari sumber mata air Baumata menyatakan, keberadaan pohon-pohon yang ada di sekitaran sumber mata air pastinya akan menjaga debit air. Meski saat ini dilanda musim kemarau, ia meminta agar PDAM terus melayani kebutuhan primer masyarakat yaitu ketersediaan air bersih.

“Kebutuhan air menjadi skala prioritas. Bila ada hal-hal teknis yang perlu ditindaklanjuti, akan kita koordinasikan bersama dengan mempertimbangkan apa yang menjadi skala prioritas,” katanya.

Sementara hal-hal yang bersifat teknis lainnya di dalam manajemen PDAM, lanjut Alexon, akan di koordinasikan kembali. Tentu dengan memperhatikan kondisi keuangan daerah.

Dan menurut Plt. Dirut PDAM Oktovianus Tahik, program reboisasi yang dilakukan saat ini sudah dilakukan di tiga lokasi berbeda.

“Program reboisasi ini mengingat banyak pohon disini sudah berusia lanjut. Dengan menanam pohon berumur panjang di lokasi ini, besar manfaatnya untuk ketersediaan sumber air yang berkelanjutan,” kata Okto Tahik yang adalah Kepala BPKAD Kabupaten Kupang ini.

Ia menambahkan, menghadapi musim kemarau saat ini, sumber air Baumata mengalami penurunan tapi tidak drastis. Ia berharap melalui program reboisasi, menanam pohon berumur panjang jenis bayam kalimantan, akan membantu melindungi sumber mata air.

Ia katakan, PDAM akan terus melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di bawah koordinasi Camat Taebenu.

Usai menanam pohon, Pj. Bupati bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Fatukanutu Kecamatan Amabi Oefeto, guna memantau kondisi jalan sepanjang Fatukanutu, yang merupakan proyek perubahan dari Dinas PUPR Kabupaten Kupang, yang disebut dengan nama Si Jaka.

Selanjutnya, Penjabat Bupati Alexon Lumba memantau pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kupang di Oelamasi.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *