Pemerintah Desa Rabeka Gelar Festival Krira Tenun Ikat Hasil Karya Setiap Kelompok di Dusun

Kepala Desa Rabeka foto bersama di stand pameran Dusun 5.

Amarasi-InfoNTT.com,- Sebanyak 5 dusun di Desa Rabeka, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang memamerkan (krira) kain tenun bermotif Amarasi dalam pameran budaya atau festival desa. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 10 hingga 15 Agustus 2023 di Desa Rabeka.

Kepala Desa Rabeka, Abdi Yarid Bani kepada media mengatakan kegiatan festival ini resmi dibuka di Dusun 5, sekaligus pemeriksaan lingkungan, pagar indah, bendera dan umbul-umbul.

Bacaan Lainnya

Krira atau pameran hasil kerajinan tangan dari Kelompok-kelompok tenun ini digelar di setiap dusun hingga tanggal 15 Agustus mendatang. Kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan guna menyambut HUT RI ke 78,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan di Desa Rabeka. Ia mengapresiasi dan kagum menyaksikan berbagai hasil kerajinan tangan penenu.

Yarid mengingatkan seluruh masyarakat Desa Rabeka untuk terus melestarikan warisan budaya.

“Kewajiban kita adalah terus menjaga dan melestarikan warisan budaya, karena merupakan identitas dan ciri khas adat istiadat masyarakat Amarasi yang diproses menggunakan alat tenun tradisional,” jelasnya.

Yarid juga mengharapkan agar siapapun yang berminat bisa langsung ke Desa Rabeka dan menghubungi setiap kelompok tenun agar bisa melihat secara langsung hasil karya masyarakat.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait