KPU Kabupaten Kupang Ingatkan DPRD Aktif Tak Pakai Anggaran Reses untuk Kampanye 

KPU Kabupaten Kupang Bincang Santai Bersama Media

Oelamasi-InfoNTT.com,- KPU Kabupaten Kupang ingatkan para anggota DPRD aktif yang mencalonkan diri kembali serta sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) KPU agar bijak dalam menggunakan anggaran reses.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Kupang Elyaser Lomi Rihi saat bincang santai bersama jurnalis Desk Kabupaten Kupang di kantor KPU, Sabtu (25/11/2023) siang.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua KPU Kabupaten Kupang, anggaran reses dan kampanye adalah dua kegiatan yang berbeda. Menjadi perhatian bersama agar para anggota DPRD aktif jangan pakai anggaran Negara ataupun fasilitas Negara untuk kampanye pada bulan Desember.

“Ini domainnya Bawaslu, tapi nanti kita (KPU) akan sampaikan serta koordinasi dengan Bawaslu agar menjadi perhatian bersama. Ini harus ditertibkan karena menjadi tanggung jawab dan KPU tidak akan tebang pilih,” ujar Ketua KPU.

  • TPS Ramah Disabilitas 

Selain persiapan logistik, KPU Kabupaten Kupang juga akan membuat TPS Ramah Disabilitas, yang mana ada program terbaru KPU untuk menelisik segmen tersebut.

“Kabupaten Kupang memiliki kurang lebih 500 lebih penyandang disabilitas. Maka akan ada perhatian penuh lewat gerakan ramah disabilitas. KPU turun dari rumah ke rumah untuk bertemu mereka (disabilitas) dan menyampaikan semua tahapan pemilu dan peserta pemilu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, khusus untuk disabilitas, pendamping bukan kewenangan KPPS, tapi petugas akan bertanya kepada pemilih disabilitas agar mau didampingi oleh siapa, pendamping mengikuti keputusan pemilih disabilitas.

“Pembuatan TPS atau lokasi TPS juga berbasis akses disabilitas seperti kursi roda bisa masuk TPS,” jelasnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *