Kolaborasi Pemkab Kupang dan Lantamal VII Melalui Pembangunan Kampung Bahari Nusantara 

Penandatanganan prasasti oleh Danlantamal VII dan Bupati Kupang.

Amarasi-InfoNTT.com,- Acara peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut oleh Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI, I Putu Darjatna bersama Bupati Kupang Korinus Masneno, berlangsung di lokasi Gapura Kampung Bahari Nusantara Desa Pakubaun, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Senin (04/12/2023) pagi.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Danlantamal VII dan Bupati Kupang, serta pengguntingan pita oleh Ketua Korcab VII DJA II Ny. Retno Putu Darjatna. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Danramil 1604-04/Amarasi Kapten Inf.I.Ketut Sabda Andika, Kabag Ops Polres Kupang AKP.Made Kumara, Kapolsek Amarasi Timur Iptu Anderias Bessie, Kadis PUPR Mateldius Sanam, Kadis Perikanan Jakson Baook, Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi Frans Boli Tobi, Camat Amarasi Timur Nicolaus Funan.

Bacaan Lainnya

Bupati Masneno di awal sambutannya menyampaikan terima kasih dan beri apresiasi kepada TNI AL terkhususnya bagi Danlantamal VII bersama jajaran yang telah menginisiasi terbentuknya Kampung Bahari Nusantara.

“Ini menjadi bukti nyata akan hadirnya sebuah sinergitas yang kokoh antara TNI bersama rakyat, dalam upaya peningkatan bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan. Bidang-bidang ini apabila kita cermati merupakan bidang dalam pemerintahan yang memiliki pengaruh strategis terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Masneno.

Lanjut Masneno, terhadap lima klaster utama dalam program KBN diantaranya klaster ekonomi yang berfokus pada pembinaan UMKM, klaster edukasi melalui pembentukan rumah pintar, klaster kesehatan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat, klaster pariwisata yang bertujuan untuk menciptakan desa sebagai destinasi wisata bahari, serta klaster pertahanan dimana masyarakat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan Negara.

Bupati harapkan kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah dan masyarakat.

Senada disampaikan Danlantamal VII Kupang, Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna, dirinya menjelaskan upaya penguatan dari kelima klaster tersebut tentunya membutuhkan sinergitas dari seluruh komponen, sehingga program KBN di Desa Pakubaun dapat terlaksana sesuai rencana dan menjadi role model pembangunan KBN di wilayah NTT lainnya.

“Terima kasih bapak Bupati, Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi serta seluruh pihak atas dukungan dan peran sertanya, sehingga pembentukan KBN di Desa Pakubaun dapat berjalan baik dan lancar. Dengan diresmikannya KBN ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kupang umumnya dan masyarakat desa Pakubaun pada khususnya. Kedepan, kita doakan bisa terbentuk KBN lainnya di seluruh wilayah pesisir NTT sehingga tujuan terciptanya peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir dan pariwisata di NTT dapat tercapai menjadi ring of beauty Indonesia,” ucap dirinya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dari Danlantamal VII Kupang untuk SD Negeri Rium Desa Pakubaun berupa 1 unit laptop, 1 unit komputer, 1 set rak buku dan bahan bacaan. Selanjutnya penyerahan paket sembako kepada perwakilan masyarakat, penyerahan bibit jagung kepada perwakilan kelompok tani.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait