Kerja Nyata, Ansy Lema Komitmen Berjuang Bantu Petani Kota Kupang dengan Hati

Pemberian bantuan dari perjuangan Ansy Lema lewat politik anggaran di Senayan.

Kupang-InfoNTT.com,- Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Yohanes Fransiskus Lema, S.IP, M.Si terus memberikan dukungan dan perhatian kepada petani di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kali ini, politisi yang akrab dipanggil Ansy Lema itu memberikan bantuan 8 unit roda tiga kepada petani di Kota Kupang. Bantuan tersebut diserahkan kepada 7 kelompok tani dan 1 kelompok wanita tani yang tersebar di Kecamatan Maulafa, Alak dan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Bacaan Lainnya

“Bantuan ini merupakan hasil perjuangan saya bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian,” papar Ansy di Jakarta, Selasa (24/1/2022).

Hadir dalam penyerahan tersebut perwakilan Kepala Seksi Alat Mesin Pertanian Kota Kupang Emy Liana Melingga, S.Pt dan Tenaga Ahli Ansy Lema Mario Fransiskus Hurek Making, S.Kom.

Dukung Distribusi Hasil Pertanian 

Ansy menjelaskan, motor roda tiga dibutuhkan untuk mengangkut komoditas hasil panen. Ketika turun menyerap aspirasi, para petani Kota Kupang sering mengeluhkan ketiadaan transportasi untuk mendistribusikan hasil pertanian mereka ke rumah, gudang ataupun pasar.

“Maka, bantuan motor roda tiga ini adalah hasil respon dan perjuangan saya menanggapi aspirasi petani di Kota Kupang. Saya berharap kehadiran motor tiga roda semakin memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian mereka,” ujar Ansy.

Menurut Ansy, motor tiga roda dapat mempercepat distribusi hasil pertanian sehingga kesegaran dapat dipertahankan dan mengurangi risiko kehilangan hasil. Tanpa manajemen distribusi yang baik, panenan yang melimpah sekalipun tidak memiliki nilai ekonomis.

“Selain mengurangi resiko kehilangan hasil juga memperpanjang kesegaran produk dan umur simpan. Dengan demikian produk yang dipasarkan bermutu dan berdaya saing di pasar lokal maupun pasar ekspor untuk menambah pendapatan petani di Kota Kupang.

Kerja Nyata Bantu Petani Kota Kupang 

Meskipun di wilayah perkotaan, sektor pertanian di Kota Kupang cukup luas. Tidak hanya potensi hortikultura, pinggiran Kota Kupang memiliki potensi pertanian lahan basah padi. Maka, aspirasi peralatan pendukung pertanian  kerap saya temukan saat reses kala berjumpa dengan petani Kota Kupang.

“Saya berkomitmen untuk terus memberikan hati dan berjuang membantu petani di Kota Kupang melalui kerja politik anggaran di Senayan,” tekad Ansy.

Ansy melaporkan pada tahun 2021 dirinya memperjuangkan aspirasi petani Kota Kupang dengan merealisasikan 1 unit traktor roda empat. Sepanjang 2022, berhasil memperjuangkan 17 unit traktor roda dua, 20 unit handsprayer, 5 unit perontok padi dan 5 unit pemipil jagung.

“Selain memperjuangkan alat mesin pertanian, saya juga membantu kelompok tani di Kota Kupang dengan program pemberdayaan di bidang pertanian seperti Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO),” lanjut  Ansy.

Tahun 2022, Ansy juga memperjuangkan program pembangunan Jalan Usaha Tani sebanyak 4 paket untuk beberapa kelompok tani di Kota Kupang yang masih kesulitan akses mendistribusi hasil pertanian mereka karena kondisi geografis lahan.

“Saya berharap bantuan-bantuan ini dapat mendorong produktivitas para petani dan mengembangkan potensi pertanian di Kota Kupang,” tutup Ansy.(***)

Pos terkait