Keren!! Kolaborasi Pemerintah Desa Pakubaun Bersama Masyarakat Hasilkan Kreatifitas Budaya 

Nampak hasil kreatifitas masyarakat Desa Pakubaun yang dipamerkan pada HUT Ke-78 Kemerdekan Republik Indonesia.

Amarasi-InfoNTT.com,- Kepala Desa Pakubaun bersama perangkat, BPD, pemangku adat dan ketua RT/RW bersama seluruh masyarakat melakukan pameran atau pertunjukan hasil kreatifitas berupa tenun (Nakrira).

Kegiatan ini dimulai dari tingkat Dusun yakni tanggal 06 hingga 13 Agustus 2023. Sedangkan tingkat desa dilaksanakan sehari yakni tanggal 14 Agustus 2023 di aula Desa Pakubaun.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Pakubaun, Bildat Elifas Runesi, S.Pd, kepada media mengatakan bahwa apa yang dilakukan masyarakat adalah sebagai bentuk dari rasa dalam memperingati HUT RI ke-78 dan juga bagian dari motivasi masyarakat agar mempertahankan budaya dalam hal adat.

” Kami pemerintah desa Pakubaun sedang menjalankan salah satu program yakni setiap hari Kamis semua yang bekerja di kantor desa harus berpakaian motif adat. Lalu juga untuk para peserta didik atau anak-anak di sekolah tertentu diwajibkan untuk berpakaian rompi motif,” ungkapnya.

Menurut Bildat, ini bagian dari strategi pemerintah agar hasil karya masyarakat bisa terjual dan selanjutnya perputaran ekonomi di desa baik, yang pada akhirnya ada kesejahteraan dalam keluarga dan itu yang menjadi harapan pemerintah.

“Kami dari Pemerintah Desa Pakubaun juga akan bawah hasil penunjukan (Nakrira) ke tempat upacara di tingkat kecamatan. Yang akan dibawa ke tingkat kecamatan juga sudah dipilah dari tingkat RT dan Dusun,” jelasnya.

Dirinya selaku Kades Pakubaun secara atas nama Pemerintah Desa menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang antusias mengikuti semua proses Nakrira. Hal yang sama juga kepada aparat RT/RW dan Dusun yang telah bekerja sama membangun komunikasi sehingga memfasilitasi semua berjalan dengan baik.

“Saya baru jabat satu tahun lebih sebagai kepala desa, jadi tentu masih banyak kekurangan. Harapannya kita bangun kerja sama yang baik dan sama-sama berkomitmen untuk jadikan Desa Pakubaun kedepan lebih baik,” ujarnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait