Jerry Manafe Ungkap Kebutuhan Infrastruktur Kabupaten Kupang ke Komisi V DPR RI

Wakil Bupati Kupang ketika menerima cenderamata dari Komisi V DPR RI.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja dalam masa reses di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kunjungan kerja ke Kabupaten Kupang ini diterima oleh Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, S.H.,M.Th, Rabu (04/10/2023) pagi.

Membuka sambutannya, Wakil Bupati Kupang menyampaikan selamat datang kepada ketua tim bersama anggota komisi V DPR RI dan pejabat dari kementerian Mitra kerja komisi V DPR RI. Kehadiran komisi V merupakan jawaban dari pergumulan Pemkab Kupang selama ini dalam menata, merancang dan membangun infrastruktur.

Bacaan Lainnya

Kepada Komisi V DPR RI, Jerry Manafe menjelaskan bahwa Kabupaten Kupang masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi dan dibenahi. Kiranya melalui kunker ini, bisa saling bersinergi guna mempercepat upaya transformasi di Kabupaten Kupang.

Menurut Wabup, upaya yang telah dirancang sejak tahun 2019 lalu untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas layanan infrastruktur daerah, baik di bidang jalan dan jembatan, bidang pengelolaan sumber daya air, bidang perumahan dan pemukiman, bidang perhubungan darat dan laut serta bidang kebencanaan.

Jerry Manafe menjelaskan bahwa hal utama yang menjadi tantangan di Kabupaten Kupang untuk pembangunan infrastruktur yaitu persoalan keterbatasan fiskal daerah. Dengan potensi pendapatan daerah yang mencapai 1,3 triliun rupiah yang terdiri dari PAD yang berada di kisaran 100 miliar rupiah, ditambah dengan pendapatan transfer dari pemerintah pusat sebesar 1,2 triliun rupiah, maka sangatlah sulit bagi pemerintah untuk bekerja melengkapi segala kebutuhan infrastruktur di Kabupaten Kupang.

“Kesulitan yang didasari oleh ketentuan pemerintah pusat yang membatasi akselerasi dan kreativitas kami di daerah untuk mengelola seluruh anggaran sesuai RPJMD yang telah kami tetapkan. Seluruh anggaran yang telah ditentukan penggunaannya pada alokasi dana alokasi umum, kita menggunakan dua pendekatan pemanfaatan yakni block grant dan spesific grant. Ditambah lagi dengan kewajiban kami untuk mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan pemilukada serentak tahun 2024 nanti,” tutur Wabup Jerry.

Dirinya berharap agar kehadiran Komisi V DPR RI dapat membantu pemda mempercepat akselerasi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kupang.

Jerry Manafe menitipkan beberapa hal terkait pembangunan infrastruktur daerah yang urgen. Bahkan dalam momentum tersebut Wakil Bupati Kupang juga langsung menyampaikan beberapa proposal untuk bisa diperjuangkan secara maksimal oleh komisi V DPR RI saat pembahasan APBN terutama pada tahun anggaran 2024.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI sekaligus Ketua Tim, H. Muhammad Iqbal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Kupang dan seluruh jajaran lingkup Pemkab Kupang atas penerimaan terhadap rombongan Tim Kunker Reses Komisi V DPR RI.

Dirinya mengatakan bahwa kunjungan kerja ini merupakan bukti kepedulian terhadap Provinsi NTT, khususnya Kabupaten Kupang.

Turut hadir dalam pertemuan ini para anggota komisi V DPR RI dan para pejabat dari Kementerian Mitra Kerja Komisi V DPR RI, Plt. Sekda Kabupaten Kupang Rima K.S. Salean, para Asisten Sekda Kabupaten Kupang, para Staf Ahli Bupati Kupang serta para pimpinan OPD lingkup Kabupaten Kupang.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *