Bicara RSP Amfoang, Daniel Taimenas Minta Pemda Hargai Perjuangan Melki Laka Lena 

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas, SH.

Kupang-InfoNTT.com,- DPD II Partai Golkar Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas angkat bicara terkait polemik rencana pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Amfoang. Hal ini dikarenakan munculnya pernyataan yang mengganggu aspirasi perjuangan anggaran pembangunan RSP Amfoang tahun 2023.

Daniel Taimenas yang juga Ketua DPRD Kabupaten Kupang kepada awak media, Minggu 25 Juni 2023 siang mengatakan, bahwa ide pembangunan RSP Amfoang ini bermula saat Ketua DPD II Partai Golkar NTT yang juga Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena berkunjung ke Lelogama, Amfoang Selatan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, banyak aspirasi masyarakat yang meminta agar Golkar memperjuangkan dibangunnya rumah sakit di Amfoang. Hal ini untuk mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

“Saya harus jujur bahwa kunjungan waktu itu banyak masyarakat di Amfoang mengeluh dan meminta agar adanya pembangunan infrastruktur jalan dan juga rumah sakit. Sehingga kemudian pada tahun 2021 saya sendiri menghadap pak Bupati Kupang atas instruksi dari Ketua DPD I Golkar NTT pak Melki Laka Lena untuk disampaikan ke bupati agar Pemda menyiapkan sarana dan prasarana,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa pada saat itu Bupati Kupang menyetujui dan mengutus Dinas Kesehatan bersama dengan beberapa pengurus DPD I Partai Golkar dan DPD II berangkat ke Jakarta menemui Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena.

Menurutnya, kunjungan ke Jakarta dilakukan sebanyak 2 kali. Pertama membawa proposal lalu Wakil Ketua Komisi IX DPR RI meminta Pemda memperbaiki proposal yang awalnya 50 miliar menjadi 70 miliar rupiah. Kemudian diikuti dengan komunikasi serta koordinasi secara intensif baik dari tenaga ahli Melki Laka Lena maupun pengurus Partai Golkar.

“Kita harus jujur mengakui perjuangan Pak Melki Laka Lena melalui aspirasi yang diperjuangkan di Kemenkes RI. Jangan lalu membuat komentar seolah-olah perjuangan ini hanya pihak tertentu. Kami kecewa dan sakit hati. Perjuangan pak Melki untuk masyarakat Amfoang jangan dipolitisir untuk kepentingan kelompok tertentu,” tegasnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Pemda Kabupaten Kupang melalui DPRD Kabupaten Kupang juga telah menyetujui perjuangan pembangunan RSP Amfoang dengan mengetuk anggaran perencanaan senilai 1 miliar rupiah. Dengan harapan perjuangan ini jangan sampai gagal karena akan sangat merugikan masyarakat Amfoang.

“Waktu ke Jakarta dengan kesibukan pak Melki Laka Lena yang padat ditambah ibunya yang sakit tapi beliau masih sempatkan waktu bertemu kami untuk memperjuangkan RSP Amfoang. Lalu kemudian diklaim seolah-olah ini perjuangan Pemda. Jadi saya mau katakan bahwa semua proses tersebut melalui pak Melki Laka Lena, jika dipolitisir itu sangatlah keliru karena RSP Amfoang adalah perjuangan Melki laka Lena melalui APBN,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa tidak hanya RSP Amfoang, Melki Laka Lena juga banyak membantu lewat berbagai bantuan saat Covid-19 dan juga dalam mengentas penurunan angka stunting di Kabupaten Kupang.

Dirinya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kupang dan juga mewakili Fraksi Golkar Kabupaten Kupang bersama masyarakat berterimakasih kepada Melki Laka Lena yang telah berjuang untuk Amfoang

“Kita Pemda jangan malu untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah banyak membantu melalui APBN. Karena jika kita tidak mengakui maka saya mau sampaikan bahwa APBD Kabupaten Kupang berapa banyak? Setiap tahun defisit terus. Lalu ada kader Golkar di pusat yang memperjuangkan banyak hal untuk daerah kita kesampingkan,” ucap Daniel Taimenas.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Kupang, sikapnya ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat agar rencana pembangunan Rumah Sakit Pratama di Amfoang jangan dipolitisir karena yang susah masyarakat. Kepentingan para elit politik harus disingkirkan, inilah yang Golkar ingin sampaikan ke masyarakat dan Pemda.

“Saya sebagai Ketua DPR Kabupaten Kupang memohon dengan hormat kepada bapak Melki Laka Lena untuk tetap berjuang agar RSP Amfoang ini jadi. Kasihan masyarakat yang ada di Amfoang. Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kupang sangat mendukung apa yang diusahakan pak Melki laka Lena di Senayan,” jelasnya.

Daniel Taimenas juga meminta agar dalam rencana pembangunan RSP Amfoang ini harus didukung penuh semua pihak. Karena jika tidak maka perjuangan panjang ini sia-sia. Apa yang diperjuangkan partai Golkar melalui Melki Laka Lena bukan untuk Partai Golkar tapi untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kupang.

“Jangan sia siakan perjuangan Melki Laka Lena. Kami Fraksi Golkar akan terus mendukung perjuangan ketua kami,” tandasnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *