32 Tim Berlaga di Liga Pelajar Indonesia Tingkat SMA/SMK Kabupaten Kupang di Amarasi 

Upacara pembukaan LPI Tingkat SMA/SMK Kabupaten Kupang Tahun 2023 di Kecamatan Amarasi.

Amarasi-InfoNTT.com,- Perhelatan Sepak Bola Liga Pelajar Indonesia (LPI) tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Kupang resmi dibuka. Dimulainya turnamen ini ditandai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Nonbes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Senin 22 Mei 2023 siang.

Tema LPI kali ini yakni “Junjung Tinggi Sportivitas dan Fairplay dalam Semangat Kebersamaan Gapai Prestasi”.

Bacaan Lainnya

Upacara pembukaan dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi NTT Nelson Matara dan Jan Pieter Dj. Windy, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Provinsi NTT yakni Yanuarius Laka, S.Pd (Plt. Kabid GTK Dinas P dan K Provinsi NTT), Ketua Askab Kabupaten Kupang, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kupang, pengurus KONI Kabupaten Kupang, Camat Amarasi, Kapoksek Amarasi, para kepala desa di Kecamatan Amarasi, pemerhati Sepak bola, Usman Husin dan peserta turnamen LPI beserta para kepala sekolah dan guru SMA/SMK se-Kabupaten Kupang.

Ketua Panitia Liga Pelajar Indonesia (LPI) Tingkat SMA/SMK Kabupaten Kupang Tahun 2023, Rizal B. Ndolu, S.Pi.,M.M, dalam laporan panitianya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk membentuk minat bakat serta memupuk kerja sama tim bagi generasi muda Kabupaten Kupang. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa solidaritas, saling percaya dan kekeluargaan antar peserta didik.

Dirinya menambahkan, permainan sepak bola bukan untuk menang namun tujuan utamanya adalah sportifitas, menang itu bukan segala-galanya, menang itu salah satunya. kalah itu biasa tetapi yang luar biasa itu adalah bermain dengan baik.

“LPI Tingkat SMA/SMK di Kabupaten Kupang ini diikuti oleh 32 tim yakni 16 tim putra dan 16 tim putri. 32 tim ini diseleksi dari 87 SMA/SMK se Kabupaten Kupang yang terbagi dalam 16 zona. Selanjutnya kegiatan akan dilaksanakan di dua lapangan yaitu lapangan Nonbes dan lapangan di Desa Ponain. Keduanya di Kecamatan Amarasi,” ujarnya.

Rizal juga mengungkapkan, kegiatan Liga Pelajar ini dipimpin oleh wasit berlisensi dari ASKAB Kabupaten Kupang dan dibantu oleh guru-guru penjas SMA/SMK Kabupaten Kupang yang memiliki lisensi wasit.

“Panitia menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya bagi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Terselenggaranya kegiatan ini berkat dukungan dan kerja keras kita semua, mulai dari pemerintah Provinsi NTT, Dinas P dan K Provinsi NTT, Pemkab Kupang, DPRD Kabupaten Kupang, Polres Kupang, Askab Kabupaten Kupang, MKKS SMA dan SMK, para kepala sekolah, bapa ibu guru dan anak peserta didik serta para pemerhati sepak bola di NTT,” ungkapnya.

Ketua panitia juga memberikan beberapa poin rekomendasi dan permintaan dari masyarakat Amarasi, bahwa jadikan momentum Liga Pelajar Indonesia ini sebagai gerak awal peningkatan sepak bola tingkat pelajar di Kabupaten Kupang.

Selanjutnya panitia ingin kedua lapangan dipakai turnamen yang sudah terlihat bagus dan indah ini dibuat lebih bagus lagi, dengan harapan agar ada wajah baru pasca kegiatan ini. Contohnya adanya tribun dan pagar yang mempercantik lapangan dan membuat masyarakat lebih aman dan nyaman ketika berolahraga.

“Terakhir permintaan khusus dari kami panitia dan peserta liga pelajar SMA/SMK untuk Pemda Kabupaten Kupang dan Askab Kabupaten Kupang, berilah anak-anak kami kesempatan untuk mengikuti kompetisi Liga Pelajat tingkat Provinsi NTT,” ucapnya.

Ketua Askab Kabupaten Kupang, Johanis Mase dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada panitia dan peserta yang sudah semangat menyelenggarakan LPI Tingkat SMA/SMK di Kecamatan Amarasi.

“Terima kasih panitia atas penyelenggaraan kegiatan ini. Semoga nanti Liga Pelajar Indonesia tingkat provinsi nanti Pemda Kabupaten Kupang bisa memfasilitasi, kalau dimungkinkan anggarannya bisa diambil dari anggaran KONI. Sedangkan terkait lapangan ini nanti kita upayakan anggaran agar segera diperbaiki usai turnamen LPI ini,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini.

Upacara pembukaan ditutup dengan didaulatnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kupang Seprianus Lau mewakili Bupati Kupang membuka secara resmi turnamen LPI SMA/SMK Kabupaten Kupang Tahun 2023. Selanjutnya penyerahan bantuan bola dari Anggota DPRD NTT Nelson Matara dan pemerhati sepak bola Usman Husin. Acara ditutup dengan tendangan bola pertama oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yohanis Mase.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *