Warning Bagi Perusak Pilkades, Kapolres Kupang Gelar Show of Force Sebagai Jaminan Keamanan

Kapolres Kupang ketika memeriksa persiapan anggota pengamanan Pikkades Kabupaten Kupang tahun 2022.

Babau-InfoNTT.com,- Kepala Kepolisian  Resor (Kapolres) Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H, menggelar Show of Force (unjuk kekuatan pasukan) usai memimpin Apel Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan dalam rangka Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2022 di Kabupaten Kupang, Kamis (3/11/2022) pagi.

Aksi ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Kupang mengingat pesta demokrasi dalam Pilkades Serentak tahun 2022 akan digelar hari Senin tanggal 7 November 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

Menurutnya aksi ini dilakukan bukan untuk menakut-nakuti masyarakat tapi sebaliknya memberikan rasa aman dan damai selama gelaran Pilkades nanti.

“Tujuan kami melaksanakan Show of Force ini bukan menakuti-nakuti masyarakat tapi sebaliknya kami memberi jaminan keamanan jalannya Pilkades Serentak 2022. Tidak ada satu dua orang atau kelompok yang berusaha merusak jalannya pelaksanaan Pilkades nanti, apabila ada, kami akan menindak secara tegas dan terukur,” ujarnya.

Bertempat di Lapangan Apel Polres Kupang Jalan Timor Raya km. 25 Babau, apel Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Irwan.

Dalam sambutannya Kapolres Kupang merinci secara detail jumlah DPT yang berjumlah 88.838 pemilih dan 240 calon kepala desa  dari 74 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada Senin 07 November 2022.

Melihat banyaknya calon kepala desa yang ikut bersaing, menurutnya bisa berpotensi pada kerawanan gangguan kamtibmas manakala ada calon yang akan melancarkan aksi protes kepada panitia penyelenggara dengan didukung militansi masa pendukung.

Namun Kapolres Irwan menyakini hal ini bisa diatasi apabila Polri dengan didukung instansi terkait dan TNI bisa melaksanakan tugas pengamanan secara koefisien dan efektif.

“Jumlah yang banyak ini bisa berpotensi pada gangguan kamtibmas saat Pilkades nanti, namun apabila dilakukan pengamanan yang koefisien dan efektif, kerawanan itu pasti dengan sendirinya hilang,” terangnya.

Lebih lanjut juga Ia mendeskripsikan bahwa karakteristik wilayah Kabupaten Kupang sebagai Kabupaten Kepulauan yang sulit dijangkau kendaraan bisa menjadi kendala dalam pendistribusian logistik.

Untuk itu dirinya menekankan bahwa pergeseran pasukan akan dilakukan pada H-2 pada TPS yang jauh dan H-1 pada TPS yang dekat.

Penerapan sistim pengamanan yang dilakukan berdasarkan dua kriteria, yaitu  kriteria rawan dan kriteria sangat rawan. Pada kriteria rawan akan diterapkan pola 2:4;1 yang artinya ada 2 Polisi dan 4 linmas pada satu TPS, sedangkan pada Kriteria Sangat rawan ia akan merapkan pola 4, 6;1 yang artinya 4 Polisi dan 6 linmas pada satu TPS.

Selanjutnya total anggota Polri yang melakukan pengamanan sebanyak 232 personil dan personil Linmas sebanyak 380 personil. 

Diakhir amanatnya Kapolres Kupang menitipkan beberapa penekanan yang wajib di jaga adalah menjaga netralitas, mewaspadai berbagai potensi gangguan, menerapkan protokol kesehatan, beri himbauan kepada masyarakat untuk tidak golput dan tingkatkan sinergitas dengan membangun solidaritas Polri dan TNI.

“Sebelum saya akhiri amanat ini, saya mengajak kita semua, mati katong jaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif menjelang Pilkades Serentak tahun 2022 di Kabupaten Kupang,” tutupnya.

Turut hadir dalam apel tersebut Dandim 1604 Kupang Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, Kepala Pengadilan Negeri Oelamasi Erianto Siagian, S.H.,M.H, Wakapolres Kupang Kompol Andri Setiawan, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang Charles Panie dan para Pejabat Utama Polres Kupang.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari satu SST TNI dari Perwakilan Koramil Campolng dan Amarasi, satu SST Dalmas Polres Kupang, 1 SST Pasukan Gabungan Pengamanan Pilkades, satu SST Reskrim Intel dan 1 SST Pol PP Kabupaten Kupang, 1 SST Bhabinkamtibmas Polres Kupang serta 1 SST Linmas Kabupaten Kupang.

Seusai upacara Kapolres Kupang bersama segenap undangan, seluruh pasukan langsung mengadakan konvoi kendaraan dengan titik start di Mako Polres Kupang menuju arah Oesao-Oelamasi-Oesao-Kupang Tengah dan kembali ke Mako Polres Kupang. Di mana Kapolres Kupang, Dandim dan Ketua PN Oelamasi serta Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang ikut serta dalam konvoi tersebut dengan menumpang Mobil AWC Polres Kupang.

Sumber: tribatanewskupang.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.