Warga Dusun V Lamar Kleopas Nome Kembali Bertarung pada Pilkades Penfui Timur

Nampak masyarakat mendatangi kediaman Kleopas Nome, untuk meminta kesediaan maju bertarung periode kedua pada Pilkades Penfui Timur.

Kupang-InfoNTT.com,- Sebanyak 74 desa yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Kupang akan melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serektak di tahun 2022. Dinas PMD pun mulai melakukan sosialisasi awal di tingkat desa hingga kecamatan.

Masyarakat juga mulai memunculkan kader-kader terbaik di wilayahnya untuk didukung maju dalam konstelasi politik enam tahunan tersebut. Hal yang sama juga terjadi di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Incumbent sekaligus kepala desa aktif Penfui Timur Kleopas Nome dilamar oleh masyarakat Dusun V agar kembali bersedia maju bertarung pada Pilkades Penfui Timur tahun ini.

Masyarakat ini datang dari Dusun V, Desa Penfui Timur, yang diwakili langsung oleh Kepala Dusun V Vebby L. Suek, serta didampingi oleh perwakilan RT 29, RT 30 dan RT 31. Acara lamaran ini berlangsung pada Minggu 19 Juni 2022 sore di kediaman Kleopas Nome.

Pada kesempatan tersebut, Vebby Suek menjelaskan maksud dan tujuan masyarakat mendatangi kediaman Kepala Desa Penfui Timur, bahwa Kleopas Nome dianggap sebagai figur kompeten untuk mewakili warga Dusun V Penfui Timur khususnya di RT 29, RT 30 dan RT 31, untuk kembali maju bertarung pada Pilkades tahun ini.

“Bapak desa, maaf kalau sore ini kami menyita waktu bapak. Kami datang hari ini untuk meminta bapak kembali maju bertarung pada pemilihan kepala desa Penfui Timur. Kami kira bapak layak dinominasikan pada pemilihan kepala desa tahun ini. Ini harapan besar kami, kiranya bapa bersedia,” ujar Vebby Suek disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Menurut Vebby, kepala desa Penfui Tinur saat ini dikenal sebagai salah satu figur yang mampu mengawal tiap kebijakan dengan mendorong keberpihakan kepada masyarakat yang sebahagian besar adalah petani. Bahkan Kleopas Nome dikenal dekat dengan masyarakat.

“Kami dari Dusun V khsusunya RT 29, 30 dan 31 datang kasih duduk oko mama (Adat Timor) untuk bapak bersedia kembali maju, dan kiranya bisa berjuang untuk lanjutkan periode kedua,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Penfui Timur Kleopas Nome sembari berdiri lalu mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat yang sudah bersedia melamar dirinya agar maju kembali sebagai calon kepala desa.

“Saya aminkan dan artikan dukungan ini sebagai wujud tingkat kepercayaan masyarakat bagi saya untuk maju lagi dalam Pilkades. Inilah saya. Tentu saya sangat berterimakasih kepada bapa mama semuanya. Dengan adanya dukungan ini maka saya dengan disetujui oleh pihak keluarga siap memenuhi harapan bapa mama untuk maju pada pilkades untuk masa periode 2023-2029,” tegasnya.

Namun Kleopas Nome juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa dukungan yang diberikan sah saja, asalkan tetap berada pada jalur mekanisme yang benar. Hal ini dikarenakan para bakal calon kepala desa harus terlebih dahulu bertarung di tingkat dusun.

“Apabila di tingkat dusun bisa lolos maka harapan itu bisa terbuka. Dalam Perbub juga sudah dijelaskan bahawa jika dalam dusun tersebut ada calon maka tidak perbolehkan melamar figur dari dusun lain. Tapi jika tidak ada figur maka masyarakat dari dusun tersebut bisa mendukung figur dari luar dusun,” ujar Kleopas Nome.

Kendati demikian, dirinya tetap mengapresiasi masyarakat yang mendukungnya. Ia berjanji akan bekerja maksimal jika nanti di tingkat dusun disiapkan untuk maju.

“Terimakasih banyak bapa mama semuanya. Saya hanya minta doanya agar bisa tetap sehat, dan semoga dukungan ini bisa berjalan dengan baik,” pungkas Kleopas Nome.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.