Wakil Bupati Jerry Manafe Dampingi Kunjungan Kerja Kepala Staf Angkatan Darat di Kabupaten Kupang

Nampak Wakil Bupati Kupang sedang memberikan cenderamata untuk Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman secara langsung memimpin upacara peresmian pembentukan Batalyon Arhanud 9/Angkasa Widya Jayanta dan Batalyon Armed 20/155 GS/ Badhika Yudha Kodam IX Udayana, Kamis (19/05/2022) siang, di lapangan Yonarhanud 9 /AWJ.

Turut hadir dalam upacara tersebut Pangdam IX/Udayana, para asisten KSAD, Danpussenarmed dan Danpussenarhud, para Komandan Satuan, Pejabat Utama Kodam IX/Udy, Forkopimda se-NTT, Ketua Persit beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana, pihak BUMN, Camat Amabi Oefeto dan Camat Kupang Timur, tokoh masyarakat dan insan pers.

Bacaan Lainnya

Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya merasa bersyukur karena bantuan dan kerjasama berbagai pihak, organisasi Yonarmed 20/155 GS/BY dan Yonarhud 9/AWJ telah terwujud dan siap beroperasi pada tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat sejak proses hingga terbentuknya ke 2 batalyon sampai peresmiannya hari ini,” ujarnya.

KSAD Dudung menjelaskan, dengan adanya perkembangan lingkungan strategis serta ancaman aktual maupun potensial terhadap kedaulatan NKRI, eksistensi Satuan Tempur dan Satuan Bantuan Tempur sangat relevan dan dibutuhkan di wilayah NTT. Selain sebagai penjaga wilayah perbatasan RI dan RDTL, satuan ini diharapkan ikut membantu akselerasi pembangunan perekonomian di daerah setempat, meningkatkan kualitas SDM serta membantu mencari solusi dalam berbagai persoalan yang dialami masyarakat.

Dirinya berpesan kepada ke 2 Komandan Batalyon agar bertanggung jawab penuh terhadap anggota, memiliki target kinerja secara bertahap dan memanfaatkan amanah jabatan serta kepercayaan untuk berbuat baik bagi satuan TNI AD terlebih bagi masyarakat.

KSAD Dudung menyadari, sebagai organisasi yang baru terbentuk, Yonarmed 20 dan Yonarhanud 9 masih menghadapi berbagai masalah, seperti pemenuhan kebutuhan personel dan materiil sesuai TOP yang berlaku. Semoga keterbatasan tersebut tidak menjadi hambatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Selamat bertugas kepada semua prajurit Batalyon. Kembangkan karakter dan kepribadian Sapta Marga sehingga dapat menjadi contoh dan manfaat bagi masyarakat,” pesannya.

Selanjutnya, didampingi Wakil Bupati Kupang, rombongan TNI AD dan Forkopimda melanjutkan kegiatan peresmian titik sumber air TNI AD Manunggal Air Bersih Seluruh Indonesia secara simbolis di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengucapkan terima kasih atas kehadiran KSAD Dudung, di mana TNI sudah banyak membantu masyarakat Kabupaten Kupang khususnya dalam masalah air yang cukup sulit, yakni bantuan pembuatan pompa hydran sebanyak 23 titik.

Jerry Manafe berharap kiranya TNI melalui KSAD Dudung bisa bersama membantu masyarakat Kabupaten Kupang keluar dari kesulitan air. Sebagai Wakil Bupati, Ia mengakui bahwa Pemkab Kupang belum banyak mendukung pekerjaan TNI.

“Tentu kedepannya melalui dana desa dan melalui Pemkab Kupang, kita dapat bekerja sama membantu masyarakat mendapat air bersih yang lebih dekat dengan permukiman masyarakat,” ujar Jerry Manafe.

Dilanjutkan Jendral TNI Dudung, selaku Kepala Staf AD, dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Babinsa dan masyarakat Desa Raknamo yang telah mendukung program kerja sama dalam mengatasi kesulitan air bersih. Di mana air merupakan kebutuhan dasar dan perlu mendapat penanganan serius. Karena itu, TNI AD merasa terpanggil dalam situasi ini, sehingga muncul ide yang digalakkan yaitu TNI Manunggal Air di Wilayah Indonesia khususnya di Raknamo.

Jenderal Dudung menjelaskan, program pembangunan pompa hydran ini disertai dengan pelatihan kepada masyarakat maupun Babinsa sehingga bisa meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran dalam proses pembuatannya.

Dirinya menyatakan bahwa kedepannya, program pompa hydran ini akan terus dikembangkan dan dilanjutkan oleh TNI AD di berbagai wilayah Indonesia sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian TNI AD kepada masyarakat.

“Kiranya melalui program ini, TNI AD dapat membantu masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.