Viktor Laiskodat dan Jerry Manafe Dibalut Adat saat Pencanangan Kampung Vanili di Amfoang

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan Prof. Daniel Kameo di acara pencanangan kampung Vanili di Amfoang Barat Daya.

Amfoang-InfoNTT.com- Desa Letkole, Kecamatan Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, NTT dicanangkan sebagai Kampung Vanili. Pencanangan Letkole sebagai Kampung Vanili digelar di halaman Kantor Desa Letkole, Jumat (08/7/2022) sore.

Hadir dalam pencanangan tersebut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Staf Ahli Gubernur NTT, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Kepala Dinas PU NTT, para camat dari Kecamatan Amfoang Barat Daya, Amfoang Tengah, Amfoang Selatan, anggota DPRD Kabupaten Kupang Ira Sobeukum, para kepala desa di wilayah tersebut, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan para tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Acara diawali dengan penyambuatan kedua pimpinan daerah secara adat yakni Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe. Keduanya dipakaikan pakaian adat dan dibopong oleh masyarakat masuk ke lokasi acara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman vanili secara simbolis oleh Gubernur NTT dan Wakil Bupati Kupang. Selanjutnya acara dialog bersama yang dipandu oleh Wakil Bupati Kupang.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe pada kesempatan tersebut menyambut baik pencanangan Desa Letkole sebagai Kampung Vanili. Menurutnya, vanili sangat cocok dikembangkan di Letkole yang memiliki suhu udara yang baik serta layak dan berada di ketinggian.

“Tanaman vanili sangat layak dibudidayakan oleh masyarakat Amfoang Barat Daya khususnya Desa Letkole. Pemda juga siap menyukseskan program Desa Letkole sebagai Kampung Vanili,” ujar Jerry Manafe.

Dalam tahapan dialog bersama juga, warga masyarakat Amfoang Barat Daya khususnya Desa Letkole memberikan banyak masukan terkait permasalahan di Amfoang, yakni infrastruktur jalan yang rusak, listrik yang hingga kini belum ada (Desa Letkole dan Nefoneut), serta persoalan lahan pertanian yang masuk lokasi kehutanan.

Gubernur NTT pada kesempatan tersebut menjawab semua persoalan yang sudah disampaikan warga secara lugas dan tegas. Bahwa dirinya akan mengupayakan agar segala keluhan warga diselesaikan paling lambat 2025. Jika cepat maka dua tahun kedepan terselesaikan.

Acara pencanangan kampung Vanili ini ditutup dengan pemukulan gong oleh Gubernur NTT yang didampingi langsung Wakil Bupati Kupang. Gubernur dan Wakil Bupati Kupang juga menginap semalam di Desa Letkole.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.