TNI Manunggal Membangun Desa ke-114 Tahun 2022 di Amarasi Barat Resmi Ditutup

Wakil Bupati Kupang dan Kepala Staf Korem 161/Wirasakti, saat menandatangani berita acara penutupan TMMD ke-114 di Amarasi Barat.

Amarasi-InfoNTT.com,- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1604/Kupang Ke-114 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Desa Niukbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, resmi ditutup, Rabu (24/8/2022) pagi.

Hadir dalam upacara penutupan tersebut, Wakil Bupati Kupang, Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Kasrem 161/ Ws, Kasi Intel Kejari Kabupaten Kupang, Komandan Kodim 1604/ Kupang, Wakapolres Kupang, Danyon Arhanud IX/ AWJ, Kasdim 1604/Kupang, Pabung Kodim 1604/Kupang, Camat Amarasi Barat, Kapolsek Amarasi, Pasi Intel Kodim 1604/ Kupang, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Kepala LPPL RSKK, Danramil 04 Amarasi, Danramil 05 Sulamu, Danramil 07 Alak, Danki Kav 2 Denkav 4 /sp, Pasgat dan tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Staf Korem 161/Wirasakti, Kolonel Inf. Harzeni Paine, S.H.,M.A, selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan, TMMD merupakan momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Selama 1 bulan, sejak tanggal 26 Juli 2022 sampai dengan 24 Agustus 2022. Para prajurit personil dan masyarakat telah bahu-membahu menyelesaikan program TMMD ke-114. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa yang membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan wilayah. Oleh karena itu, saya selaku penanggung jawab operasional menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moral dan material sehingga kegiatan TMMD ke-114 dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan AMD atau ABRI Masuk Desa. Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Staf Korem 161/Wirasakti, Kolonel Inf. Harzeni Paine, S.H.,M.A, menambahkan sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Program TMMD ke-114 tahun 2022 dilaksanakan di wilayah Kabupaten Kupang telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Diantaranya pembangun rumah Pastoran St. Theresia, bangun rumah Pastori Hal’O Bieto, bangun 2 unit MCK, bangun rabat jalan 150 meter dan bangun rumah Pastori GPDI Yehova di Desa Niukbaun, Kecamatan Amarasi Barat, kabupaten Kupang.

Sedangkan kegiatan non fisik yakni penyuluhan tentang covid-19, penyuluhan tentang bela negara, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang kesadaran hukum, penyuluhan tentang rekruitmen TNI, penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang teknologi tepat guna, penyuluhan tentang stunting dan Posyandu serta Pos Bindu.

Dirinya juga berpesan, apabila dalam pelaksanaan TMMD ini terdapat tutur kata sikap dan tingkah laku yang tidak berkenan di hati masyarakat. Baik karena disengaja maupun tidak sengaja mohon dimaafkan. Kepada Prajurit, teruslah pelihara semangat kebersamaan dan kebhinekaan antara TNI dan rakyat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini harus dipelihara.

“Demikian sambutan saya, maka dengan pada hari ini Rabu tanggal 24 Agustus 2022 pukul 9.45 WITA, TNI Manunggal Membangun Desa Kodim 1604/Kupang ke 114 Tahun Anggaran 2022 resmi ditutup,” ujarnya.

Selanjutnya dilakukan penandatangan berita acara oleh Kepala Staf Korem 161/Wirasakti, Kolonel Inf. Harzeni Paine, S.H.,M.A, dan Wakil Bupati Kuoang, Jerry Manafe, SH.,M.Th. Para tamu undangan juga diberikan kesempatan melihat setiap pekerjaan fisik yang sudah diselesaikan 100 persen pada TMMD tahun 2022 ini.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.