Siaga Hadapi Kontijensi, Kapolres Kupang Minta Seluruh Stakeholder Persiapkan Diri

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H saat melakukan pemeriksaan pasukan saat Apel Kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana di Kabupaten Kupang tahun 2022/2023.

Kupang-InfoNTT.com,- Kepala Kepolisian Resor Kupang AKBP FX Irwan Arianto S.I.K.,M.H, pastikan kesiap-siagaan personil TNI-POLRI, Pemda dan seluruh instansi terkait menghadapi kontijensi bencana alam di Kabupaten Kupang tahun 2022/2023.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Kupang Irwan Arianto saat memimpin apel kesiapan dalam rangka penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Kupang tahun 2022/2023 yang berlangsung di Lapangan Apel Polres Kupang, Jalan Timor Raya km 25, Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur hari Jumat (25/11/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, orang nomor satu di Polres Kupang ini mengajak semua komponen masyarakat, TNI-Polri, Pemda dan seluruh stakeholder untuk secara dini mempersiapkan diri menghadapi bencana yang bakalan terjadi di Kabupaten Kupang, mengingat kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang  memudahkan terjadinya bencana baik yang disebabkan faktor alam maupun non alam serta faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, lingkungan, harta benda dan dampak psikologis yang menghambat pembagunan nasional.

Kapolres Kupang merinci data BNPB selama kurun waktu Januari hingga 2 November 2022 telah terjadi bencana alam di Indoensia sebanyak 3.052 kali dengan bencana banjir sebanyak 1.257 kejadian, 932 cuaca ekstrem, 566 bencana longsor dan  250 kebakaran hutan dan lahan.

Sedangkan gempa bumi dan gelombang pasang, masing-masing sebanyak 22 kejadian dan bencana kekeringan sebanyak 4 kejadian hingga bencana yang terakhir adalah gempa berkekuatan 5.6 Magnitudo yang guncang Kabupaten Cianjur dengan total korban jiwa  yang mencapai 272 orang, 2.046 luka-luka, 39 hilang dan 56.311 rumah dan fasilitas rusak.

Lebih lanjut ia menjelaskan, apel siaga yang digelar merupakan elemen yang sangat penting untuk membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaa mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan hingga awal tahun 2023 dimana wilayah-wilayah Kabupaten Kupang banyak memiliki sungai-sungai yang menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Seusai apel siaga dilaksanakan Kapolres dengan disaksikan Pabung Kodim 1604 Kupang Letkol Parade Napitupulu dan Kepala BPBD Kabupaten Kupang Titus Tinenti dan jajaran pejabat utama Polres Kupang melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh seluruh stakeholder guna menjamin kesiapsiagaan yang berbasis sinergitas demi mewujudkan output kesiapan dini menghadapi kontinjensi bencana secara tepat dan cepat.

Diakhir amanatnya ia membacakan kembali poin arahan Presiden Joko Widodo pada tanggal 6 April 2022 lalu, yakni agar dilakukan percepatan agar proses evakuasi,pencarian dan penyelamtaan korban bencana pada saat bencana, meminta hadirnya pelayanan kesehatan dan pertolongan medis yang dibutuhkan oleh para korban bencana alam, segera mencata titik pengungsian untuk mempersiapkan logistik jika terjadi bencana, percepatan perbaikan infrastruktur penunjang yang rusak akibat bencana alam dan agar seluruh instansi terkait untuk mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi akibat cuaca yang ekstrem.

Apel siaga ini dihadiri oleh satu SST TNI-AD dari Koramil 1604 Kupang, satu SST Samapta Polres Kupang, Satu SST Basarnas Kupang, Satu SST Pol PP Kabupaten Kupang, satu SST Perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang dan satu Peleton gabungan Intel-Reskrim Polres Kupang.    

“Mengakhiri amanat ini, selaku pimpinan Polres Kupang saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Kupang, unsur TNI dan satuan instansi terkait atas kerja sama yang terjalin dengan baik selama ini dalam menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Kupang,” tutupnya.

Laporan: tribatanewskupang.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.